Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ciptakan Kekebalan Kelompok, Tunawisma Jombang Divaksin

Salah seorang tunawisma saat menjalani vaksinasi di pendapa Pemkab Jombang, Kamis (23/9/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Vaksinasi Covid-19 di Jombang, Jawa Timur, terus dikebut. Hal itu untuk menciptakan herd Immunity atau kekebalan kelompok. Oleh sebab itu, vaksinasi Covid-19 juga menyasar para tunawisma di Kota Santri.

Vaksinasi dengan sasaran tunawisma ini digelar Polres Jombang di pendapa Pemkab setempat, Kamis (23/9/2021). “Ini dalam rangka HUT ke-66 Lalu lintas Bhayangkara. Kami sengaja menyasar tunawisma. Agar seluruh lapisan masyarakat memperoleh vaksinasi. Dengan begitu, semakin cepat tercipta kekebalan kelompok,” kata Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho.

Menurut Agung, tunawisma merupakan salah satu komunitas yang juga terdampak Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, selain mendapatkan vaksinasi, mereka juga mendapatkan bantuan sembako. Walhasil, puluhan tunawisma mengikuti vaksinasi dan pemberian bantuan tersebut.

Selain Kapolres Jombang, acara tersebut juga dihadiri Forpimda (Forum Pimpinan Daerah). Di antaranya, Bupati Mundjidah Wahab, Ketua DPRD Mas’ud Zuremi dan Kodim 0814 Jombang. Namun demikian, vaksinasi dengan sasaran tunawisma ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ditemui di tempat yang sama, Bupati Mundjidah Wahab mengapresiasi vaksinasi yang digelar Polres Jombang. Menurut Mundjidah, pemerintah daerah bersama TNI, Polri dan ormas lainnya terus melakukan percepatan vaksinasi agar segera tercipta herd immunity.

Walhasil, hingga saat ini, vaksinasi untuk dosis 1 mencapai 70 persen. Sedang vaksinasi dosis 2 sebanyak 49 persen. Sedangkan jumlah sasaran mencapai 1.019.942 orang. “Namun demikian, vaksinasi untuk kelompok lanjut usia di Kabupaten Jombang masih rendah, yakni baru mencapai 47,1 persen,” kata bupati.

Meski sudah disuntik vaksin Covid-19, Bupati Mundjidah mengimbau kepada masyarakat agar tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. “Walau sudah vaksin harus tetap menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarah, mengurangi mobilitas, serta menghindari kerumunan,” pungkasnya berpesan. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar