Pendidikan & Kesehatan

Chorus Rusticarum Sang Peraih Emas

Jember (beritajatim.com) – Mereka menamakan diri Chorus Rusticarum. Rusticarum diambil dari bahasa Latin yang jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris berarti ‘rearing’ atau pemeliharaan. Chorus adalah paduan suara.

Beranggotakan 25 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Chorus Rusticarum, menahbiskan diri sebagai kelompok paduan suara berkelas internasional. Baru-baru ini mereka meraih medali emas dalam perhelatan internasional ‘3rd BCS World Virtual Choir Festival 2021’.

Chorus Rusticarum mengalahkan 98 kelompok paduan suara dari 18 negara dalam kejuaraan paduan suara virtual  (virtual choir) yang digelar Bandung Choral Society, 30 April – 7 Mei 2021. Mereka memperoleh 84,75 poin untuk kategori Mixed Choir.

Dua puluh lima orang penyanyi Chorus Rusticarum membawakan lagu berjudul Desh dengan arransemen Ethan Sperry. Konsep virtual choir ditampilkan dilengkapi nuansa India dengan kostum, aksesoris, dan koreografi masing – masing penyanyi.

Caranya pun unik. “Dua puluh lima penyanyi harus diambil videonya satu-persatu. Agar sesuai protokol kesehatan, pengambilan video kami bagi tiga kali. Pagi, siang, sore. Disesuaikan dengan jadwal kuliah masing-masing penyanyi,” kata Fariza Amalia, Sekretaris Chorus Rusticarum, sebagaimana dilansir Humas Unej.

Butuh waktu satu bulan untuk membuat video ini. Apalagi tidak mudah menyajikan lagu India dalam versi video paduan suara yang artistik. Menurut Fariza, selain harus menyesuaikan dengan logat India, mereka juga harus menyesuaikan koreografinya. “Proses pengambilan video pun cukup melelahkan,” katanya.

Persiapan sudah dilakukan sejak Januari hingga pertengahan April, mulai dsari seleksi penyanyi, persiapan latihan, pelaksanaan latihan rutin, take audio, take video, hingga pengumpulan final video. “Proses yang cukup berat untuk dilalui karena keadaan yang masih pandemi dan di tengah kesibukan kuliah yang cukup padat,” kata Fariza. Namun semua lelah itu akhirnya impas sudah dengan raihan medali emas. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar