Pendidikan & Kesehatan

Cek Kesiapan Vaksinasi, Nakes Banyuwangi Siap Divaksin

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Salah satunya Anas memastikan kesiapan tempat dropping vaksin untuk Banyuwangi di Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Pemkab Banyuwangi melakukan sejumlah persiapan program vaksinasi Covid 19 seiring pendistribusian vaksin yang mulai dilakukan oleh pemerintah pusat. Mulai dari melakukan verifikasi data calon penerima vaksin hingga menyiapkan sarana prasarana pendukung program vaksinasi.

“Saya tadi rapat koordinasi dengan dengan Dinas Kesehatan untuk mengetahui sejauh mana progres persiapan pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi. Bagaimana pendataan sasarannya, hingga peralatan pendukung untuk vaksinasi nanti. Kamar vaccine room, cold chain, maupun anggaran pendukung kami ingin pastikan siap,” kata Anas.

“Saya kira, jajaran tenaga kesehatan sudah siap melakukan vaksinasi bila sewaktu-waktu pemerintah pusat memerintahkan. Semoga semua nanti berjalan lancar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Anas juga meminta agar ke depan Dinas Kesehatan mulai menggagas upaya preventif meningkatkan imunitas tubuh menjadi sebuah program daerah yang bisa diimplementasikan ke seluruh warga.

“Dunia saat ini mengalami kejadian luar biasa dengan adanya pandemi. Upaya-upaya preventif yang solutif dengan penguatan imunitas warga. Jadi meskipun sudah ada vaksinasi, tetap kita harus perkuat imunitas warga,” kata Anas.

Anas mendorong agar peningkatan imunitas menjadi langkah penting.

“Targetnya ke depan adalah bagaimana kita meningkatkan imunitas warga. Dinkes jadi lokomotifnya. Kita butuh strategi baru bagaimana masyarakat bisa melakukan pola hidup yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya ke depan,” imbuh Anas. (rin/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar