Pendidikan & Kesehatan

Cegah Virus Corona IIKSMI, Bagikan 4.800 Masker

Gresik (beritajatim.com) – Ikatan Istri Karyawan Semen Indonesia (IIKSMI) membagikan 4.800 masker gratis ke masyarakat. Aksi sosial ini guna mencegah penyebaran virus corona.

Pembina IIKSMI Netty Dodi Sulasmono mengatakan, selain membagikan masker, pihaknya juga memberikan sosialisasi mengenai pola hidup sehat dan pencegahan virus corona (covid-19) yang dikemas dalam bentuk seminar dengan mendatangkan Ketua Ikatan Dokter Paru Jawa Timur, Dr. dr Sudarsono Sp.P (K) dari Universitas Airlangga (Unair).

“Disamping pembagian masker gratis. Kami juga memberikan edukasi terhadap masyarakat. Edukasi ini dimaksudkan agar masyarakat tidak diliputi ketakutan, dan kekuatiran terhadap merebaknya virus corona,” katanya, Kamis (12/03/2020).

Lebih lanjut Netty Dodi Sulasmono menuturkan, melalui pencegahan sejak dini diharapkan masyarakat bisa menjalankan pola hidup sehat. Khususnya, berangkat dari lingkungan keluarga.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasie) Pencegahan, dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, Nur Farida menuturkan, di Indonesia kasus ino yang sudah terkonfirmasi ada 34 kasus. Sedangkan di Jatim khususnya Gresik masih bebas dari virus corona.

“Terkait dengan merebaknya virus corona Dinkes Gresik sudah melakukan pengawasan orang dalam pemantauan (ODP). Utamanya, masyarakat Gresik yang baru saja yang bepergian dari luar negeri kami lakukan pengawasan selama 14 hari,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Paru Jawa Timur, dr Sudarsono Sp.P (K) menyatakan untuk pencegahan virus corona ini hanya dengan melakukan pola hidup sehat. Selalu dan sesering mungkin untuk mencuci tangan pakai sabun setiap habis beraktivitas.

“Tidak perlu panik berlebihan yang penting selalu waspada. Bila batuk dan bersin harus ditutup pakai tisue, atau tangan. Lalu mencuci tangan dengan sabun serta lakukan hidup bersih dan sehat,” tandasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar