Pendidikan & Kesehatan

Cegah Penularan Covid-19, Pasien RSUD Gambiran Daftar Lewat Aplikasi

Kediri (beritajatim.com) -Merebaknya wabah Covid-19 atau virus Corona membuat Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kediri mengurangi antrean pasien rawat jalan. Sehari sebelum memeriksakan diri, mereka bisa melakukan pendaftaran online melalui aplikasi android.

Dengan sistem pendaftaran online ini, pasien bisa mendaftarkan diri tanpa harus menunggu di kursi antrean. Selain memudahkan pasien, pendaftaran online ini juga efektif mengurangi penumpukan antrean sekaligus melakukan physical distancing. “Pasien tak harus datang ke rumah sakit untuk mendaftar, cukup melalui WhatsApp,” kata Direktur RSUD Gambiran Dr. Fauzan Adima, M.Kes, Senin 13 April 2020.

Sistem pendaftaran online yang diberi nama SisBro (Sistem Booking Rawat Jalan Online) ini cukup sederhana. Pasien hanya tinggal menyimpan kontak WhatsApp SisBro di nomor 08821 789 4000 dan melakukan chat dengan menulis “Daftar”.

Setelah menerima respon dari operator, pasien diminta menuliskan identitas dengan format #No Rekam Medis#Nama Pasien#Tujuan Poliklinik#Cara Bayar#Tanggal Booking. Contohnya: #343459#Budi Sutrisno#poli dalam#BPJS#14-4-2020.

Usai mengirimkan data pasien, operator akan mengirimkan nomor antrean untuk keesokan hari. Dengan mengetahui nomor antrean, pasien bisa memperkirakan jam kedatangan agar tak terlalu lama menunggu di rumah sakit. “Besoknya tinggal menunjukkan WA tersebut ke petugas pendaftaran,” tambah Dr. Fauzan Adima.

Selain memudahkan pasien, pendaftaran secara online ini juga membuat proses layanan kesehatan di rumah sakit lebih cepat. Berbekal data yang dikirimkan pasien sehari sebelumnya, petugas bisa menyiapkan berkas rekam medis dan menyerahkan ke poli yang dituju. Karena itu layanan SisBro ini hanya bisa dilakukan oleh pasien lama yang telah memiliki nomor rekam medis.

Pendaftaran online ini bisa dilakukan pada jam kerja rumah sakit, yakni Senin – Kamis jam 08.00 – 20.00 WIB, Jumat jam 08.00 – 20.00 WIB (untuk booking hari Senin). Layanan ini hanya bisa dilakukan sehari sebelum tanggal pemeriksaan.

Dari data kunjungan pemeriksaan Bulan Maret 2020, Poli Penyakit Dalam, Jantung, dan Rehabilitasi Medik paling banyak menerima pasien. Dalam satu bulan terakhir jumlah pasien yang datang di atas 1.000 orang, terdiri dari Poli Rehab Medik (1.157 pasien), Poli Jantung (1.113 pasien), dan Poli Dalam (1.021 pasien).

Selain pemberlakuan sistem pendaftaran online, Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kediri juga meniadakan jadwal kunjungan untuk pasien rawat inap dalam masa siaga Covid-19. Masyarakat diminta mematuhi ketentuan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan rumah sakit.

Dr. Fauzan Adima juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan mematuhi physical distancing. Dengan mematuhi himbauan pemerintah, masyarakat telah membantu meringankan beban petugas medis di rumah sakit. “Mari kita bantu para tenaga medis dengan meminimalisir jumlah korban,” pesannya. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar