Pendidikan & Kesehatan

Cegah Kerumunan, Jadwal Vaksinasi ‘Drive Thru’ Malang Diatur Pakai Aplikasi Ini

Kepala Dinkes Kota Malang Husnul Muarif bersama perwakilan Halodoc saat survei lokasi vaksinasi drive thru.

Malang (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kota Malang menggandeng Halodoc dalam pelaksanaan vaksinasi drive thru untuk lansia. Vaksinasi drive thru dilakukan pada 1 April bertepatan dengan hari jadi Kota Malang ke 107 di Jalan Gajahmada hingga Jalan Sultan Agung, Kota Malang.

Perwakilan Halodoc, Theresia Novi mengatakan, proses pendaftaran hingga jadwal vaksinasi drive thru dilakukan melalui aplikasi halodoc. Para lansia yang masuk daftar penerima vaksin akan melakukan registrasi di aplikasi itu. Kemudian melihat jadwal sehingga menghindari kerumunan saat vaksinasi dilakukan.

“Jadi kita akan siapkan di aplikasi. Daftar di aplikasi karena kita ingin mencegah kerumunan. Dengan mencegah kerumunan ini, supaya yang datang nanti juga sesuai waktunya. Jadi sesuai kapasitasnya, sehingga tidak ada antrean yang membludak,” papar Theresia, Sabtu (20/3/2021).

Secara teknis, tenaga kesehatan dari Halodoc akan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan dari Dinkes Kota Malang. Alasan menggandeng halodoc karena mereka dianggap berpengalaman dalam penyelenggaraan vaksinasi drive thru di Indonesia.

“Ya kita memang di Jakarta sudah ada, Bogor juga sudah, yang ditinjau Pak Jokowi (Presiden RI Joko Widodo) itu. Kita menyediakan tim operasional lapangan. Kita akan sesuaikan nanti. Sesuai jatah vaksin dan per hari berapa gitu (dosis vaksin),” tandas Theresia. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar