Pendidikan & Kesehatan

Cegah Covid Juga Butuh 3J, Apa Itu?

Jember (beritajatim.com) – Protokol pencegahan penyakit Covid-19 tak hanya dengan 3M, tapi juga dengan 3J. Masyarakat diharapkan tetap disiplin mematuhi dan melaksanakan semua protokol yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal ini dikemukakan Kartika Wahyu Dwi Putra, Staf Sub Direktorat Pengelolaan Konsumsi Gizi Kementerian Kesehatan, saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan kepada pesantren, lembaga, dan yayasan dan pengadaan bahan pangan tambahan untuk tenaga kesehatan dan non kesehatan, di kantor Nur Yasin Center, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (19/10/2020).

Kartika mengingatkan agar warga tetap mematuhi 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Selain itu ada 3 J yakni jaga kondisi, jaga hati dan emosi, dan jaga ekonomi,” katanya.

“Jaga kondisi adalah menjaga ketahanan fisik. Kalau pernah mendengar Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), di situ menjaga kondisi, termasuk makanan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup. PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat),” kata Kartika.

Kedua, jaga hati dan emosi. “Emosi menurunkan imunitas tubuh,” katanya.

“Terakhir, jaga ekonomi. Dalam masa-masa sulit seperti ini kita merasakan bagaimana embong sepi, dagang tak terlalu ramai seperti dulu, beberapa tempat di-lockdown, pendapatan menurun. Perlu ada pergerakan tertentu untuk menggerakkan ekonomi. Kalau ekonomi baik, nomor satu dan nomor dua mengikuti. Kalau ekonomi baik, tidak akan sambatan (mengeluh, red). Jadi kita harus tetap kreatif bagaimana pada masa-masa sulit seperti ini bagaimana dapur tetap mengepul,” kata Kartika. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar