Pendidikan & Kesehatan

Cegah Covid-19, Perhatikan Prokes Ketika Pesan Makanan Via Online

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini banyak masyarakat yang mempunyai kebiasaan pesan makanan melalui aplikasi online. Namun, perlu juga diperhatikan protokol kesehatan guna pencegahan penularan Covid-19.

Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Wahyuti mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jasa online dianjurkan untuk transaksi non tunai, pakai masker saat berinteraksi dengan kurir, jaga jarak aman minimal 1,5 meter saat terima pesanan dan cuci tangan pakai sabun setelah mengambil makanan dari kurir.

“Jika pesan makanan, segera pindahkan ke tempat makanan milik sendiri. Bila memakai tas belanja cuci tas setelah makanan dikeluarkan. Namun, jika memakai kantong belanja sekali pakai, maka segera buang kantong, dan jangan lupa panaskan kembali makanan sebelum dimakan,” katanya, Jumat (3/9/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, sementara bagi masyarakat yang gemar belanja melalui online, perlu juga memperhatikan protokol kesehatan saat menerima paket, yakni memanfaatkan mekanisme pembayaran melalui transfer. Jika harus secara tunai, agar mengusahakan tetap jaga jarak aman minimal 1,5 meter dan minta mengantarkan paket di teras rumah.

“Jangan lupa juga semprot paket dengan disinfektan setelah diterima, sediakan khusus untuk membersihkan paket, dan cuci tangan setelah membuka paket,” pungkasnya. [tok/suf/*]


Apa Reaksi Anda?

Komentar