Pendidikan & Kesehatan

Cegah Covid-19, ‘KPK’ Kediri Bagi Masker dan Sarung Tangan

Kediri (beritajatim.com) – Pegiat sosial yang tergabung dalam Komunitas Peduli Kemanusiaan (‘KPK’) Kediri turut serta dalam upaya pencegahan virus Corona. Komunitas ini melakukan aksi sosial dengan bagi-bagi masker dan sarung tangan kepada berbagai kelompok masyarakat.

Dengan membentangkan poster Tim Dompet Peduli Relawan Kemanusian, para pegiat sosial ini melakukan aksinya di sejumlah tempat. Mereka menyasar berbagai lapisan masyarakat seperti pedagang kaki lima (PKL), penjual durian dadakan hingga anggota kepolisian yang tengah berdinas.

Mereka membagikan masker dan sarung tangan sebagai pelindung diri dari penyebaran virus mematikan dari Wuhan, China tersebut. Para pegiat juga memberikan edukasi tengang Covid-19.

“Harapannya, masyarakat mengenalkan profil virus Corona, mengetahui cara penyebarannya dan bagaimana antisipasi penularannya,” kata Ketua Tim Dompet Peduli, Ipda Heri Siswanto yang juga anggota Polsek Pesantren ini, Kamis (2/4/2020).

Berikut profil Covid-19 atau virus Corona yang disampaikan oleh pegiat aksi sosial ini kepada masyarakat.

  1. Virus ini hidup dan berkembang pada inang atau tubuh manusia, virus ini tidak menyebar melalui udara.
  2. Virus corona bisa hidup diluar inang berbatas waktu dengan catatan melalui media yaitu cairan dahak, ludah atau bersin. Selain itu virus tidak bisa hidup,  virus hanya bertahan saat cairan ludah dll tadi masih basah, begitu kering langsung mati.
  3. Virus corona pada dasarnya lemah dan mudah mati/hancur, hanya cukup kena detergen atau panas di atas 60 derajat c.
  4. Virus corona tidak beterbangan seperti debu.

Cara menghindari :

  1. Jaga jarak minimal 1 meter atau lebih dan gunakan masker saat komunikasi agar jika salah satu batuk atau bersin tidak mengenai kita.
  2. Jangan memegang daerah wajah khususnya mulut dan hidung pada saat tangan belum dicuci atau steril.
  3. Cuci tangan sebelum tidur karena saat tidur kita sering tanpa sadar memegang bagian wajah seperti mulut dan hidung.
  4. Jika dari luar kota atau berasal dari daerah penyebaran virus corona agar mengkarantina diri, jika ada perubahan kondisi tubuh mengarah gejala panas, batuk dan sesak nafas segera hubungi pihak terkait.
  5. Rajin cuci tangan dan jaga stamina tubuh dengan banyak konsumsi buah atau vitamin C dan E Juga tidur yang cukup.

 Bagaimana jika dinyatakan terpapar virus corona?  Karantina bisa dilakukan dirumah sakit agar penanganan dilakukan oleh petugas medis secara baik. Tetapi jika rumah sakit penuh maka kita bisa mengkarantina diri dirumah.

Virus akan melemah dan tubuh kita akan mengeluarkan imunitas dengan sendirinya sehingga menjadi imun, stelah 14 hari virus tersebut akan lemah dalam tubuh kita. 

Bagaimana yang terkena virus ada yang mati?

Virus corona bagaikan provokator,  jika dia masuk dalam tubuh kita , maka dia akan memprovokasi penyakit bawaan karena sifatnya virus corona mengganggu imunitas tubuh sehingga penyakit yang sudah ada semakin kronis. Misalkan sebelumnya sudah kena jantung,  paru atau yang lain  akan semakin parah.

#dirumahsaja

#cucitanganselalu

#bersamakitabisa

#DOMPETPEDULI-PEDULI

Sekedar diketahui, sedikitnya ada 3 ribu buah masker dan 200 pasang sarung tangan yang dibagikan kepada masyarakat. Aksi tersebut dari donasi dan sponsor sebuah perusahaan di bidang property di Kediri, PT KRESNA PUTRA PRATAMA. [nm/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar