Pendidikan & Kesehatan

Cegah Corona, Poliwangi Bantu Wastafel Pedal

Banyuwangi (beritajatim.com) – Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) menyerahkan berupa wastafel untuk klinik umum di Kecamatan Blimbingsari. Wastafel ini berbeda, karena merespon anjuran pemerintah mengenai physical distancing.

Wastafel ini merupakan hasil produksi Tim dari Jurusan Teknik Sipil Poliwangi yang bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Wastafel portable manual ini dilengkapi dengan sistem pedal sebagai media pengoperasian kran air.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan bak penampungan air. Cara kerjanya sama dengan wastafel pada umumnya. Hanya saja, saat akan mengeluarkan air, warga harus menginjak sistem pedal di bagian bawah wastafel.

“Penggunaan sistem pedal ini disesuaikan dengan anjuran pemerintah untuk menerapkan sistem Physical Distancing untuk menghindari pandemi Covid-19,” kata Ketua Jurusan Teknik Sipil Poliwangi Enes Ariyanto Sandi, Senin (13/4/2020).

Enes menyebut kedepan tak segan akan mengembangkan alat tersebut dalam jumlah banyak. “Apabila dirasa alat ini dapat diandalkan dan memenuhi secara konvensional, sesuai permintaan pemerintah daerah, kami akan siap membantu untuk membuat alat ini dimana saja baik itu lembaga pendidikan maupun pemerintahan khususnya jurusan Teknik Sipil,”

Sementara itu, Direktur Poliwangi Son Kuswadi mengatakan, data penyebaran virus corona covid 19 melalui sentuhan tangan mencapai 98 persen. Sehingga, pihaknya berharap adanya alat tersebut setidaknya mampu menekan penularan virus yang kini semakin merebak. “Ini juga mendidik masyarakat dengan ajakan untuk membiasakan cuci tangan harus diimbangi dengan sarana yang memadai juga,” ujar Son Kuswadi.

dr. Riza Nur Azizi mengapresiasi dan berterima kasih atas dedikasi dari pihak Poliwangi Banyuwangi ini. “Terimakasih banyak atas bantuannya dari Poliwangi, semoga alat ini dapat digunakan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar