Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Capaian Vaksinasi Rendah, Sumenep Turun ke Level 3

Sumenep (beritajatim.com) – Kabupaten Sumenep menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang kembali ke level 3 PPKM. Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riyadi menjelaskan, turunnya level PPKM Sumenep berkaitan dengan capaian vaksinasi.

“Dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, yang level 1 cuma Kota Blitar. Level 2 ada 5 daerah, dan sisanya level 3,” katanya, Selasa (5/10/2021).

Ia menjelaskan, berdasarkan peraturan Kemendagri, suatu daerah dikategorikan level 1 apabila capaian vaksinasinya di atas 70 persen. Sedangkan level 2 apabila capaian vaksinasinya di atas 50 persen, dan level 3 apabila capaian vaksinasinya di bawah 50 persen.

“Sampai saat ini, capaian vaksinasi di Sumenep baru sekitar 25 persen. Masih harus digenjot terus untuk menaikkan capaian vaksinasi,” ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini Tim Satgas Covid-19 terus berupaya menggencarkan vaksinasi, baik melalui dunia pemerintahan, pendidikan, hingga swasta. Termasuk di pondok-pondok pesantren. “Ada program Bupati menyapa pondok pesantren. Kegiatan itu sekaligus digunakan untuk sosialisasi tentang vaksin, menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengasuh pondok pesantren,” paparnya.

Ia bersyukur animo masyarakat Sumenep untuk divaksin semakin hari semakin bertambah. Hal itu menunjukkan makin tingginya kesadaran warga akan pentingnya vaksin. “Semoga percepatan vaksinasi di Sumenep bisa kita lakukan, sehingga ‘herd immunity’ segera terbentuk,” ucapnya. [tem/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar