Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Capaian Vaksinasi Lansia, Turut Dorong Penurunan Level PPKM di Ponorogo

Sekda Ponorogo, Agus Pramono(foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jerih payah yang dilakukan semua elemen di Ponorogo untuk mensukseskan program vaksinasi terbayar sudah. Pasalnya, sesuai target dari Pemerintah Pusat, kini status PPKM di bumi reyog turun ke level 2. Hal itu tidak lepas dari capaian vaksinasi lansia dosis dua yang sudah 60 persen.

“Ini kabar yang melegakan, ketika capaian minimal dosis kedua vaksinasi lansia sudah terpenuhi, Ponorogo akhirnya dalam status PPKM level 2,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Pramono, Rabu (23/3/2022).

Status PPKM level 2 yang disematkan untuk Ponorogo, kata Agus setidaknya untuk 2 minggu ke depan, yakni hingga tanggal 4 April 2022. Tentu penurunan ke level 2 PPKM ini, merupakan hasil kerja keras dari Pemkab, TNI dan Polri yang melakukan vaksinasi diberbagai tempat. Salah satunya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, yakni membuka layanan vaksinasi di gedung lantai 6. “Dinkes setiap hari melakukan vaksinasi di gedung lantai 6,” ungkapnya.

Selain itu, di semua kecamatan melakukan jemput bola ke warga lanjut usia (lansia) dengan door to door untuk vaksinasi. Meski dalam pelaksanaannya juga ada penolakan dari lansia yang didatangi. “Untuk penurunan level, kita berjuang ektra untuk target minimal dosis dua vaksinasi lansia. Salah satunya dengan door to door ke rumah lansianya,” katanya.

Penurunan level 2 PPKM ini, tentu berdampak pada kelonggaran kegiatan yang dilaksanakan masyarakat. Misalnya untuk kegiatan perekonomian dan kebudayaan. Tentu status ini gayung bersambut, sebab Ponorogo ke depan akan banyak event atau acara yang harus dilakukan.

“Secara umum vaksinasi di Ponorogo untuk dosis pertama sudah mencapai 84 persen. Sedangkan untuk dosis duanya mencapai 74 persen,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar