Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Bupati Sumenep : Hari Santri, Salah Satu Cara Santri Selalu Siaga Menjaga Negara

Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Sumenep (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan melalui peringatan Hari Santri Nasional (HSN) diharapkan mampu terus membangun suasana yang senantiasa aman, damai dan sejahtera di bumi Sumekar.

“HSN yang ditetapkan pemerintah pada 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad demi mempertahankan kemerdekaan. Memperingati Hari Santri setiap tahun ini merupakan salah satu cara santri selalu siaga menjaga negara,” katanya.

Pada Jumat (23/10/2021), Bupati Sumenep, Ach. FAuzi, memimpin apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, yang digelar di Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Terate Pandian. Peringatan HSN 2021 mengangkat tema ‘Santri Siaga, Jiwa Raga’.

“Tema ini menjadi pernyataan tegas santri agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, serta mewujudkan perdamaian dunia,” ujar Fauzi.

Menurutnya, seorang santri hendaknya mampu menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh terhadap aqidah, nilai dan ajaran islam yang rahmatan lil Alimin.

“Santri harus mampu mempertahankan tradisi luhur bangsa Indonesia. Buah karya para santri akan menjadi masukan untuk kemajuan negara. Karena itu, kami terus mendorong agar santri tidak pernah lelah berkarya,” ucapnya.

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid-19, santri juga diharapkan mampu berkontribusi dalam pencegahan, termasuk bersama-sama bangkit dari dampak pandemi. “Kami sangat mengapresiasi pelayanan di sejumlah pondok pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan dampak Covid-19. Ini adalah bukti nyata bahwa pesantren juga berperan aktif memerangi covid di tengah keterbatasan fasilitas,” tandasnya. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar