Pendidikan & Kesehatan

Bupati Pamekasan Resmikan Puskesmas Larangan Badung

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam meresmikan penggunaan Kantor UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Larangan Badung, di Jl Raya Akkor, Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan, Senin (13/4/2020).

Puskesmas ke-21 di kabupaten Pamekasan, terletak di posisi strategis di pinggir jalan raya, yakni sekitar 7 kilometer dari arah Kota Pamekasan. Sekalipun saat launching terlihat sepi akibat wabah virus corona, prosesi peresmian tetap berlangsung hikmad.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir sejumlah jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk para asisten di lingkungan Pemkab Pamekasan, bersama Kepala Puskesmas Palengaan, serta Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman.

“Kami ingin Puskesmas ini membangun kepercayaan yang dimulai dari luar pagar, selanjutnya masuk ke ruang lobby hingga akhirnya ke pusat pelayanan. Di depan sudah meyakinkan bahwa Puskesmas ini akan memberikan bantuan edukasi dan pelayanan kesehatan, di lobby juga disambut dengan salam dan ramah,” kata Bupati Badrut Tamam.

Pihaknya menilai puskesmas sebagai mitra masyarakat, dalam artian bahwa puskesmas dan masyarakat memiliki peran yang sama dalam menjaga kesehatan. “Prinsipnya bukan puskesmas yang jadi garda terdepan, tetapi justru masyarakat yang harus ada di depan,” ungkapnya.

“Karena bagaimanapun, jika puskesmas jadi garda terdepan, maka masyarakat akan menjadi objek dan bukan justru sebagai subjek strategis dalam memberikan pelayanan. Sehingga puskesmas ini harus senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan menjadikan masyarakat sebagai mitra,” tegas Ra Badrut.

Selain itu pihaknya berharap keberadaan Puskesmas khususnya di Desa Larangan Badung, tidak ramai seperti pusat kesehatan lainnya. “Kami berharap puskesmas tidak ramai pengunjung, sebab kalau Puskesmas sepi jelas menunjukkan masyarakatnya sehat dan tidak banyak yang sakit,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar