Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Bupati Pamekasan Imbau Para Santri Lakukan Isolasi Mandiri

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mengimbau para santri agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat sekaligus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan guna mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan di sela penyambutan rombongan santri yang mondok di pesantren luar daerah, mereka pulang ke Pamekasan, dan dijemput langsung oleh Bupati bersama Tim Satgas Covid-19 Pamekasan di Terminal Kargo, Jl Raya Tlanakan, Desa Larangan Tokol, Tlanakan, Selasa (31/3/2020).

“Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap warga Pamekasan yang hendak pulang kampung. Tapi lebih baik agar menahan diri dan jangan pulang dulu demi mencegah penyebaran wabah virus corona,” kata Bupati Pamekasan.

Pihaknya juga menyampaikan jika para santri juga sempat menjalani proses pemeriksaan kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh oleh Tim Satgas Covid-19. “Selain itu, penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan pada jarang-jarang bawaan santri sebagai langkah antisipasi,” ungkapnya.

“Dari itu kami juga mengimbau saat tiba di rumah, para santri untuk sementara melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Jangan lupa pula harus selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” sambung bupati muda yang akrab disapa Ra Badrut.

Tidak hanya itu, pihaknya bersama tim Satgas di masing-masing kecamatan, juga bakal melakukan pengawasan sebagai langkah antisipatif. “Kita tim Satgas akan mengawasi mereka selama masa isolasi mandiri, misalnya nanti ada keluhan sakit bisa langsung melapor ke Satgas Penanganan yang sudah kami bentuk. Bisa juga dengan datang ke puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Berdasar catatan yang dihimpun beritajatim.com, total santri yang tergabung dalam rombongan terdiri dari sebanyak 49 santri putra dan 21 santri putri yang mondok di Pesantren Lirboyo, Kediri. Serta sebanyak 29 santri yang mondok di Pesantren Miftahul Ulum, Lumajang. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar