Pendidikan & Kesehatan

Bupati Muhdlor Berikan Piagam untuk Pendonor Plasma Konvalesen

Sidoarjo (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sidoarjo memberikan penghargaan kepada para pahlawan kemanusiaan pada peringatan Hari Donor Sedunia, di Pendapa Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Minggu (13/6/2021).

Dengan mengambil tema “Donorkan Darahmu agar Kehidupan Dunia Terjaga”, tampaknya sangat  sinkron dengan kondisi pandemi Covid-19. Di masa pandemi ini bukan hanya donor darah regular saja yang dibutuhkan, namun donor darah Plasma Konvalesen (PK).

Donor darah plasma konvalesen ini diambil dari penyintas Covid-19. Kemudian diproses untuk membantu pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Ketua PMI Kabupaten Sidoarjo, Ahmad Zaini mengungkapkan, pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia, pihaknya memberikan penghargaan kepada para pendonor.

Pahlawan kemanusiaan yang mendapat penghargaan dikelompokkan dalam beberapa ketegori. Penghargaan berupa sertifikat dan sepeda olahraga diberikan kepada pendonor darah 125 kali, jumlahnya 8 orang.

Selanjutnya, plakat PMI bagi pendonor darah  100 kali diberikan kepada 20 orang, piagam kepada pendonor darah plasma konvalesen diberikan kepada 8 orang dan penggerak donor darah diberikan kepada 15 instansi. “Pendonor darah plasma konvalesen sebanyak 20 kali diberikan kepada satu orang pendonor,” katanya.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para pahlawan kemanusiaan Sidoarjo. Bocoran dari dr. Harsono dari PMI Jawa Timur, lanjutnya, dalam tiga hari terakhir penyebaran dan pencegahan penanganan Covid-19, tiga terbaik di Jawa Timur. “Hal ini tidak lepas dari jasa- jasa para pendonor di Sidoarjo,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo dan Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial PMI Jawa Timur menyaksikan penandatanganan MoU instansi penggerak donor secara simbolis. Serta menyaksikan penyerahan penghargaan kepada pahlawan kemanusiaan tersebut. [isa/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar