Pendidikan & Kesehatan

Bupati Mojokerto Ajak Bidan Desa Intensifkan Germas

Bupati Mojokerto dalam acara senam sehat bersama 304 orang bidan desa dari 27 puskesmas se-Kabupaten Mojokerto di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Angka penyebaran Covid-19 yang masih terus terjadi diharapkan dapat segera terkendali dengan upaya-upaya meningkatkan kesehatan salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Hal ini disampaikan, Bupati Mojokerto saat menggelar senam sehat bersama 304 orang bidan desa dari 27 puskesmas se-Kabupaten Mojokerto di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto.

“Dari aspek kesehatan, selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, kita juga harus menerapkan Germas. Menghadapi pandemi Covid-19, imun harus benar-benar diperkuat. Saya harap teman-teman bidan desa dapat mengintensifkan Germas pada masyarakat,” ungkap Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Senin (21/9/2020).

Sementara itu, ketua panitia acara, Susi Dwi Harini mengatakan, kegiatan tersebut memiliki korelasi antara mengintensifkan Germas melalui para bidan desa. “Hari ini kita berkumpul untuk membuat satu komitmen. Terus melayani kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Para teman-teman bidan siap memberi edukasi pentingnya protokol kesehatan,” katanya.

Masih kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kabupaten Mojokerto ini, para bidan juga siap melakukan upaya penting lainnya. Seperti Germas. Germas sendiri terbagi dalam beberapa kebiasaan baik yang harus diterapkan dalam aktivitas sehari-hari.

Mulai senam minimal 30 menit per hari, konsumsi buah dan sayur 3 sampai 5 porsi per hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkhohol, check-up kesehatan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar