Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Bupati Hendy Perintahkan Birokrasi Permudah Perizinan Rumah Sakit NU Jember

Bupati Hendy Siswanto saat peletakan batu pertama Rumah Sakit NU Jember.

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto memerintahkan kepada jajaran birokrasi agar mempermudah semua proses perizinan pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hal ini dikemukakan Hendy saat memberikan sambutan di hadapan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Yahya Cholil Staquf saat meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit NU, di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Rabu (18/5/2022) sore.

“Kalau bisa izinnya ditandatangani sekarang. Bukan usah pakai apa-apa. Teken kemawon. Sing penting niate apik, dadine apik,” kata Hendy disambut tawa hadirin.

Hendy mengapresiasi pendirian RSNU ini. “Perlu kami sampaikan, bahwa membuat rumah sakit di Jember sangat perlu, karena penduduk kami 2,5 juta. Kalau hitungan tempat tidur (rumah sakit), seribu orang, satu tempat tidur. Sekarang BOR (Bed Occupancy Rate) kita baru 46,1 persen. Jadi masih kurang 836 tempat tidur. Jadi di Jember masih banyak orang sakit, tidak ada tempat tidurnya. (Dirawat) di rumahnya,” katanya.

Saat ini di Jember baru ada 13 rumah sakit. “Kurang banyak. Tentunya peletakan batu pertama hari ini, kalau ada plus minus, Pemkab Jember siap men-support ini, sehingga rumah sakit segera terwujud,” kata Hendy.

Hendy berharap RSNU segera terwujud. “Yang kita perlukan, rumah sakit di Jember ini punya spesialis seperti penyakit jantung dan kanker. Alhamdulillah, baru tiga hari lalu, Rumah Sakit dr. Soebandi baru melakukan operasi jantung terbuka pertama kali dan alhamdulillah berhasil. Di Jember, ada 15.100 orang sakit jantung per tahun yang harus dibawa ke Surabaya dan RSUD Syaiful Anwar Malang,” katanya.

Hendy menganggap peletakan batu pertama RSNU tak ubahnya gayung bersambut. “Kami minta tolong, tidak mungkin Jember saja mewujudkan tanpa support dukungan doa dari PBNU dan para kiai semua,” katanya.

“Kami bukan hanya men-support untuk mewujudkan rumah sakitnya saja. Tapi tentunya operasionalnya nanti kami punya dokter spesialis cukup banyak, yang akan men-support Rumah Sakit NU ini,” kata Hendy.

Hendy minta dukungan pendirian RSNU ini kepada organisasi perangkat daerah. “Apa yang kurang, kita penuhi. Yang penting membuat rumah sakit baik tujuannya untuk masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan bisa segera dioperasionalkan,” katanya. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar