Pendidikan & Kesehatan

Bupati Gresik Sambari Terpapar Covid-19

Bupati Sambari Halim Radianto (kanan) saat memberikan keterangan pers beberapa hari yang lalu

Gresik (beritajatim.com) – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto terpapar Covid-19. Berdasarkan hasil Swab PCR kemarin (28/12), orang nomor satu di Gresik itu dinyatakan positif usai memimpin rapat bersama pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Syaifuddin Ghozali mengatakan, saat ini Bupati Sambari sedang menjalani isolasi mandiri di salah satu rumah sakit di Surabaya. Kondisinya terus membaik dan terus berkomunikasi dengan kami.

“Sebelum dinyatakan positif terpapar Covid-19. Bupati Sambari badannya mengalami gejala ringan dan kurang fit,” katanya, Selasa (29/12/2020).

Ghozali menuturkan, setelah atasannya dinyatakan positif, Tim satgas Covid-19 langsung melakukan tracing (penulusuran) terhadap siapa saja yang pernah kontak erat dengan Bupati Sambari. Langkah ini diambil sebagai antisipasi memutus mata rantai virus Covid-19.

“Sudah dilakukan tracing terhadap yang pernah kontak erat. Ada 20 orang yang di-tracing setelah dilakukan swab hasilnya negatif. Termasuk juga dari pihak keluarga,” tuturnya.

Sementara itu, Tursilo Harijogi selaku Asisten Pemerintahan Pemkab Gresik yang juga anggota Tim Satgas Covid-19 menyatakan imbas Bupati Sambari terpapar positif Covid-19. Pihaknya melakukan evaluasi terhadap pimpinan OPD. Hal ini dilakukan karena ada penambahan kasus di wilayah Gresik.

“Kami memerintahkan seluruh jajaran baik di OPD hingga kecamatan untuk terus meningkatkan kesiagaan utamanya pada protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, setelah kejadian ini, ruangan kantor bupati langsung dilakukan sterilisasi dengan disemprot disinfektan. Selain itu, seluruh ruangan juga dikosongkan.

“Ruangan Bupati sudah disemprot disinfektan. Kami juga mempertimbangkan WFH bagi ASN,” imbuhnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar