Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Bupati Gresik Gus Yani Dapat Beasiswa Pendidikan ke Australia

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani

Gresik (beritajatim.com) – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani atau akrab dipanggil Gus Yani, terpilih mewakili kepala daerah muda dalam program beasiswa pelatihan kepemimpinan ke Australia. Beasiswa tersebut diselenggarakan oleh Perkumpulan Kader Bangsa, yakni Indonesian Young Leaders Exchange Program (IYLEP) Batch 3, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Australia di Indonesia.

Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho menuturkan, melalui program IYLEP, para pemimpin muda terpilih diberikan penguatan kapasitas, pengalaman dan jejaring untuk mampu semakin memperkuat kineria dan aktivitasnya dalam melayani publik serta membantu masyarakat.

“IYLEP memberikan kesempatan bagi para pemimpin muda Indonesia memperluas jaringan dan belajar di bidang sosial ekonomi, penguatan komunitas, ekraf, budaya, sosial politik di negara-negara sahabat,” tuturnya, Sabtu (6/8/2022).

Ia menjelaskan, program ini dilakukan dengan metode kelas dan audiensi guna wawasan, kapasitas juga integritas para pemimpin muda nasional.

“Indonesia adalah negara besar baik di kawasan maupun di dunia. Untuk itu para calon pemimpinnya, dari tingkat komunitas, lokal sampai nasional, harus memiliki visi strategis dan luas dalam memajukan negara bangsanya di tengah pergaulan dan kontestasi global,” papar Dimas.

Ada dua kota yang dipilih dalam program beasiswa ini. Diantaranya, Canberra yang merupakan ibu kota negara Australia. Kota ini relatif baru dibangun. Kota kedua adalah Sydney yang menjadi contoh pembangunan ibu kota pemerintahan. Program ini akan dijalankan di Sydney yang merupakan kota bisnis yang besar seperti Jakarta.

Nantinya para peserta IYLEP akan berkunjung ke Kantor Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Australia, lembaga pemerintahan, komunitas bisnis dan ekonomi kreatif, sosial budaya, kampus, museum serta berdiskusi dengan sejumlah akademisi terkait berbagai isu kerja sama kedua negara.

Selain Bupati Gresik Gus Yani, ada 14 pemimpin muda Indonesia lainnya yang mengikuti program ini antara lain: Putri Komaruddin, legislator muda DPR RI Fraksi Partai Golkar; Diana Amaliyah, legislator muda DPRD Jatim Fraksi PDI Perjuangan; serta politisi muda Partai Gerindra Dirgayuza yang juga tenaga ahli Kementerian KKP.

Kemudian Pemred Kompas.com Wisnu Nugroho, Pemred CNN Indonesia Revolusi Reza, Ketua Umum PB PMII Abdullah Syukri, dan Direktur Amanat Institute Fahd Pahdepie. Program singkat ini berlangsung pada 8 hingga 14 Agustus 2022. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar