Pendidikan & Kesehatan

Bulan Puasa, Stok Darah di PMI Ponorogo Menipis

Ponorogo (beritajatim.com) – Memasuki bulan Ramadan, PMI Ponorogo kelabakan untuk menstabilkan stok darah. Pasalnya kebutuhan untuk 1 bulan itu biasanya 1400 kantong darah, saat ini dari tanggal 1 hingga 14 Mei baru ada 300 kantong darah yang masuk.

“Stok darah di bulan Ramadan ini sangat menipis sekali,” kata Kepala Bagian pelayanan UTD PMI Ponorogo Sunarmi, saat ditemui di kantornya, Selasa (14/5/2019).

Sunarmi mengungkapkan, hampir semua jenis golongan darah di PMI Ponorogo stoknya menipis. Namun yang paling kritis adalah golongan darah AB, saat ini hanya ada 3 kantong darah. Padahal idealnya ada 15 kantong.

Selain itu golongan darah O yang idealnya 75 kantong, saat ini hanya tersedia 36 kantong darah. “Saya mengimbau kepada masyarakat kesediaannya kalau sudah waktunya donor untuk mendonorkan darahnya,” katanya.

Untuk melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darah, selain stanby di UTD PMI Ponorogo. Sunarmi menyebut pihaknya juga membuka stan donor darah di alon-alon Ponorogo dan mal PCC. Selain itu petugas juga roadshow ke masjid-masjid. “Segala upaya kami lakukan untuk menstabilkan stok darah di PMI Ponorogo,” katanya.

Sunarmi menyebut pada Ramadan sebelumnya, PMI Ponorogo sudah membuat stok banyak saat sebelum bulan puasa tiba. Namun kali ini tidak bisa dilakukan karena mitra dari sekolah, siswa kelas 3 sudah libur.
“Jadi kami kesulitan untuk menyetok darah untuk bulan Ramadan, karena banyak siswa kelas 3 sudah libur,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar