Pendidikan & Kesehatan

Bulan Bahasa Perancis di IFI Surabaya 12-20 Maret

Surabaya (beritajatim.com) – Institut Français Indonesia (IFI) atau Institut Prancis di Indonesia, yang salah satu misinya di menjembatani hubungan kedua bangsa melalui kegiataan kebudayaan, di antaranya pengenalan bahasa Prancis, tahun ini kembali turut merayakan Francophonie (frankofoni). Perayaan bahasa Prancis dan keberagaman budaya penutur bahasa Prancis yang diadakan setiap Maret.

Tahun 2020, acara frankofoni diselenggarakan di sejumlah jaringan IFI dan sejumlah kedutaan besar negara berbahasa Prancis. Jaringan IFI di Surabaya salah satunya akan mengadakan Bulan Frankofoni / Mois de la Francophonie. Acara akan digelar antara 12 – 19 Maret 2020 di sejumlah tempat di Surabaya.

“Diadakan setiap tahun dan di seluruh dunia pada bulan Maret, Bulan Frankofoni bertujuan untuk mempromosikan bahasa Prancis di seluruh dunia, dengan menyebarluaskan keanekaragaman budaya,” kata Pramenda Krishna A penanggungjawab budaya  & komunikasi IFI Surabaya dalam keterangan tertulis, Jumat (13/3/2020).

Organisasi Internasional Frankofoni pada dasarnya diawali dengan’ inisiatif ini, dengan merayakan ulang tahun yang ke – 50 tahun ini, berpartisipasi dalam’ meningkatkan penggunaan
bahasa Prancis di 5 benua.

Bahasa Prancis faktanya memiliki sekitar 300 juta penutur di seluruh dunia dan saat ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan pada urutan ke-5, serta bahasa asing yang paling banyak diajarkan di urutan ke-2.

IFI Surabaya, yang juga menawarkan pengajaran bahasa Prancis dan menyelenggarakan sertifikasi bahasa Prancis tingkat internasional DELF/DALF, turut serta dalam acara ini dan menawarkan berbagai acara terkait frankofoni selama bulan Maret: lomba dikte dan kuis, ekspresi lisan, permainan, lokakarya kreatif, pemutaran film, pertunjukan musik dll).

Rangkaian acara ini diselenggarakan dengan mitra lokal (sekolah, museum, seniman) dan akan diselenggarakan di Surabaya dan di Indonesia Timur, di Palu dan Manado.(ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar