Pendidikan & Kesehatan

Brigade Taruna Rimba, Pramuka Peduli Bencana

Banyuwangi (beritajatim.com) – Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus bernama Brigade Taruna Rimba. Kelompok ini berfungsi membantu bencana khususnya kehutanan. Pesertanya sebanyak 18 anggota dan 6 calon instruktur. Kegiatan ini merupakan kali kedua dilakukan oleh Pramuka.

“Jadi nanti fungsinya untuk membantu kebencanaan terutama di kawasan hutan. Seperti pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” kata Sekretaris Umum Saka Wanabakti Jawa Timur, Tatun wiyanto Rabu (9/1/2019).

Lebih dari itu, kata Tatun, Brigade Taruna Rima ini didirikan terinspirasi dari Pramuka peduli Jawa Timur. Terutama Brigade Penolong yang mempunyai keahlian lebih di bidang SAR dibandingkan dengan anggota lainnya.”Selain itu implementasi dari dasa darma no 2 yaitu cinta alam dan kasih sesama manusia sehingga perlu wujud nyata dari amanah dasa darma tersebut sehingga saka Wanabakti perlu untuk menjawabnya dengan membentuk sebuah sayap organisasi dengan kemasan pramuka peduli yg di namakan Satuan Brigade Taruna Rimba yang dibekali dengan ketrampilan khusus terutama di bidang bencana kehutanan,” terangnya.

Menurut Tatun, mereka ditempa pendidikan dan latihan (diklat) selama 3 hari di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Di antaranya, latihan penanggulangan bencana, SAR, kebakaran hutan dan lahan, perlindungan hutan dan keanekaragaman hayati. Tempat ini dipilih, lantaran Brigade Taruna Rimba lahir di hutan ujung timur Pulau Jawa ini. “Brigade taruna rimba Taman Nasional Alas Purwo berhasil mendidik dan mengujicobakan 5 orang yang kini Alhamdulillah sudah kerja semua. Tapi masih sangat peduli dengan masalah masalah kehutanan dan bencana,” terangnya.

Sejauh ini, keberadaan Brigade Taruna Rimba di tengah masyarakat sangat membantu. Bahkan, setiap kali ada kegiatan mereka terlibat di dalamnya. “Tahun baru kemarin kita sudah BKO kan anggota di 2 lokasi wisata. Yaitu di Tanjung Papuma jember dan TN Alas Purwo. Dan komentar masyarakat sangat terbantu dengan adanya mereka,” ungkap Sekretaris II Saka Wanabakti Jawa Timur, Dudun Supriyadi. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar