Pendidikan & Kesehatan

BPPT Percepat Produksi Ventilator Dalam Negeri

Gresik (beritajatim.com) – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus mempercepat produksi ventilator, atau alat bantu pernafasan dalam negeri guna menangani penyebaran Covid-19. Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, untuk penanganan Covid-19 lembaga risetnya saat ini telah memproduksi karya anak bangsa agar tidak ketergantungan terhadap produk impor.

“Ada 100 unit ventilator produksi dalam negeri yang siap didistribusikan ke sejumlah rumah sakit maupun puskesmas,” katanya di sela-sela memberikan bantuan alat ventilator di salah satu rumah sakit di wilayah Gresik Selatan, Rabu (3/11/2020).

Masih menurut Hammam Riza, selain memproduksi ventilator. BPPT juga juga menyiapkan bus mobile yang dilengkapi peralatan medis khusus menangani pasien Covid-19. “Bus mobile itu, kami persiapkan buat daerah zona merah agar bisa dimanfaatkan,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk ventilator pihaknya menargetkan akan terus menambah produksinya. Dari semula 100 unit ditingkatkan lagi menjadi 300 hingga 500 unit ventilator. “Semakin banyak diproduksi maka alat kesehatan (Alkes) impor yang selama ini tergantung dari negara lain bisa diminimalisir,” imbuhnya.

Ventilator ini kata Hammam Riza, merupakan enginnering rekayasa BPPT. Inovasi tersebut terus dikembangkan mengingat penyebaran Covid-19 di tanah air belum berakhir. “Upaya inilah yang dimanfaatkan guna menangani Covid-19 guna mengatasi kebutuhan alat ventilator,” tandasnya. [dny/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar