Pendidikan & Kesehatan

BPOM Kunjungi Dinkes Jatim, Kawal Kesiapan Vaksinasi

Surabaya (beritajatim.com) – Dr. Ir. Penny K. Lukito, Kepala BPOM RI melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Jatim untuk mengawal pendistribusian vaksin Covid-19, Selasa (23/2/2021). Kunjungan itu sekaligus inspeksi yang dilakukan BPOM terkait kelayakan lokasi penyimpanan dan teknis jalur pendistribusian.

“BPOM itu kan tugasnya memfasilitasi dan mengawal aspek keamanan, mutu dan khasiat dari vaksinasi mulai dari pre-market yang berhubungan dengan studi klinik dari sebelum diproduksi dan juga kami mengawal setelah di distribuskan,” ujar Penny.

Penny pun mengapresiasi kinerja Pemerintah dan Dinkes Jatim yang telah melakukan tugas pendistribusian vaksin dengan sesuai standart. Pasalnya dalam penyimpanan dan pendistribusian vaksin harus dilakukan sesuai dengan SOP yang perlu diperhatian Dinkes setempat.

” Saya mengapresiasi pemerintah Jatim dan melakukan pemantauan kesiapan fasilitas, saya lihat fasilitasnya sudah lengkap dan sesuai standart untuk jalur forchange dan memastikan ketentuan temperatur penyimpanan pada suhu 2-8 derajat, jadi harus ada banyak peralatan seperti genset agar listrik selalu ada,” tukasnya.

Selain memastikan tempat penyimpanan sesuai standar, Penny juga mengapreasiasi kinerja dari penyerapan dan pendistribusian vaksin yang dikirimkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Saya melihat Pemprov dengan konsen dan sigap terus bergerak untuk melakukan pendistribusian ke Kabupaten/kota. Dan harapannya akan terus kontinyu nanti untuk melakukan pendistribusian,” pungkasnya.

Kepala Dinkes Jatim pun mengatakan bahwa kunjungan BPOM ke Dinkes adalah untuk melihat kesiapan Jatim dalam pelaksanaan vaksinasi. [adg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar