Pendidikan & Kesehatan

BPJS Bojonegoro: Klaim Biaya Pengobatan Covid-19 Hingga Rp80 Juta/Orang

Kepala Cabang BPJS Kabupaten Bojonegoro Janoe Teguh Prasetijo

Bojonegoro (beritajatim.com) – Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) sebagai lembaga independen yang ditunjuk pemerintah melakukan verifikasi terhadap klaim pengobatan pasien Covid-19. Dari perhitungan unit cost perday ditemukan klaim setiap pasien bisa mencapai Rp80 juta.

Kepala Cabang BPJS Kabupaten Bojonegoro Janoe Teguh Prasetijo mengatakan, hasil verifikasi terhadap pasien yang ada di Bojonegoro dan Tuban, klaim yang harus ditanggung pemerintah untuk biaya pengobatan setiap pasien Covid-19 mencapai Rp70 juta hingga Rp80 juta.

“Perorang rata-rata klaimnya sekitar Rp70 juta sampai Rp80 juta. Jumlah itu mulai masuk rumah sakit, perawatan, hingga sembuh atau meninggal. Sistem penghitungannya unit cost perday,” ujarnya, Sabtu (1/8/2020).

Total, biaya klaim yang sudah masuk untuk pasien Covid-19 dari awal penentuan Kejadian Luar Biasa (KLB) Bencana Non Alam hingga 24 Juli 2020, sudah ada Rp7,8 miliar. Jumlah tersebut dibayarkan untuk enam rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

“Dari total pengajuan itu, yang sudah terverifikasi artinya pengajuan sudah sesuai ketentuan atau lolos verifikasi ada Rp4,8 miliar dan yang masuk dalam displit klaim Rp3 miliar,” ujarnya.

Pembayaran pasien Covid-19 tersebut langsung dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI, karena pemerintah telah menetapkan kejadian tersebut masuk bencana. Menurut Janoe, BPJS hanya ditunjuk sebagai lembaga yang melakukan verifikasi kelayakan pengajuan klaim sesuai dengan surat penugasan dari Kemenko PMK. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar