Pendidikan & Kesehatan

BPBD Pamekasan Gembleng Materi Kebencanaan Bagi Siswa SD

Pamekasan (beritajatim.com) – Supervisor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono menggembleng siswa sekolah dasar dengan materi kebencanaan dalam program ‘Karimata Mengajar’ di SDN Akkor, Palengaan, Sabtu (9/2/2019).

“Dalam kegiatan itu, kami menyampaikan materi seputar kebencanaan dari berbagai jenis bencana khususnya di Pamekasan. Mulai dari bencana banjir, gempa, longsor hingga puting beliung,” kata Supervisor BPBD Pamekasan, Budi Cahyono.

Pihaknya mengaku antusias menyampaikan materi, apalagi lokasi sekolah juga termasuk salah satu wilayah rawan bencana semisal longsor dan angin kencang. “Seperti kita tahu, wilayah Palengaan, merupakan salah satu wilayah rawan bencana. Sehingga hal ini momentum tepat untuk diketahui oleh para siswa sejak dini,” ungkapnya.

“Sehingga dalam kesempatan itu, kami juga menyampaikan bagaimana para siswa bisa mengantisipasi sekaligus menghindar dan menyelamatkan diri ketika terjadi bencana. Serta apa yang harus mereka lakukan saat bencana itu terjadi, juga kami sampaikan,” jelasnya.

Dari itu pihaknya menyampaikan sangat senang dengan program tersebut, sebab selain memberikan materi seputar kebencanaan juga bisa mensosialisasikan tata cara mengatasi bencana sejak dini. “Jadi selain memang profesi, kami juga bisa berbagi bersama para siswa untuk mengatasi bencana sejak dini,” bebernya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sempat mendapat pertanyaan dari siswa sekolah dasar seputar bencana kebakaran. “Tadi juga sempat ada yang menyampaikan bahwa salah satu tetangga siswa seringkali membakar sampah di dekat kandang sapi, sehingga kami juga memberikan sosialisasi akan pentingnya mengantisipasi berbagai hal yang berakibat bencana, termasuk kebakaran,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar