Pendidikan & Kesehatan

Box and Tunnel Sterilisation Camber, Ruang untuk Disinfekstanisasi Buatan ITTS

Surabaya (beritajatim.com) – Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) membuat inovasi yang disebut Solution For Nation dalam mengahadapi Corona outbreak atau Wabah Corona. Inovasi tersebut merupakan pembuatan Box and Tunnel Sterilisation Camber yang dilakukan atas inisiasi Walikota Surabaya, Tri Risma Harini.

Rektor ITTS, Dr Tri Arief Sardjono mengatakan bahwa pembuatan Box and Tunnel Sterilisation Camber ini dipesan langsung oleh Risma. Rencananya akan dipergunakan untuk kantor, rumah sakit dan titik keramaian seperti stasiun, terminal.

“Atas pesanan bu Risma, kami membuat dua model, yakni Box dan Tunnel. Sistemnya adalah membuat ruangan yang didukung dengan sistem spray disinfekstan,” ujar Tri, Jumat (20/3/2020).

Box Sterilisation Camber ini mampu menampung 1 orang untuk diberikan disinfekstan ke seluruh tubuh. Sedangkan untuk Tunnel Sterilisation Camber merupakan lorong yang kemungkinan untuk digunakan oleh banyak orang dan tidak membuat antrian.

Sterilisation Camber ini sudah dalam tahap finalisasi design dan sistem, tetapi untuk membuatnya berfungsi secara maksimal, alat ini membutuhkan bantuan dan kerjasama dari banyak pihak, seperti ahli kimia, biologi dan pihak Rumah Sakit agar penyesuaian disinfekstan yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

“saya pentingkan melibatkan ahli kimia biologi dan rumah sakit, karena mereka yang tahu cairan yang digunakan yang paling cocok apa. Kami buatkan sistem dan designnya. Apapun caairannya tinggal pasang saja,” terang Tri.

Tri menuturkan alat ini dalam pembuatannya hanya membutuhkan waktu 2 hari dengan alat dan bahan yang bisa dicari dipasaran. Oleh karenanya ITTS mengatakan mampu memproduksi secara masal.

“Banyak yang sudah pesan. Kita akan produksi masal, tapi tetap saja bakalan tidak cukup kalau kami saya yang membuat. Kami harap jangan hanya kami saja menyedianya,” tukasnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar