Pendidikan & Kesehatan

Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar Terjaring di Warung

Tuban (beritajatim.com) – Menindaklanjuti terkait adanya laporan masyarakat yang menyatakan bahwa banyak pelajar yang membolos saat jam pelajaran, petugas Satpol PP Pemkab Tuban akhirnya melakukan razia, Kamis (28/2/2019).

Razia pelajar yang membolos itu dilakukan Satpol PP bersama Dinas Pendidikan Cabang Provinsi Jawa Timur. Dalam razia kali ini, puluhan pelajar berhasil diamankan saat sedang nongkrong di warung kopi.

“Kegiatan razia ini merupakan tindak lanjut keluhan dari masyarakat terkait pelajar yang banyak bolos. Sehingga kita melakukan razia saat jam sekolah dan ini akan kita lakukan secara rutin,” ungkap Hery Muharwanto, Kepala Satpol PP Pemkab Tuban.

Menurut Hery, razia pelajar yang bolos itu dilakukan dengan menyisir sejumlah warung kopi yang ada di wilayah Tuban. Seperti halnya di kawasan jalan tembus Gedongombo dan sejumlah titik yang selama ini di jadikan tempat membolos para pelajar.

Dari hasil penyisiran sejumlah warung kopi itu, petugas akhirnya mendapati puluhan pelajar tingkat SMA yang sedang membolos. Selain itu juga terdapat pelajar SMP yang juga nongkrong di warung kopi saat jam sekolah. “Hasilnya yang kita amankan ada sebanyak 35 pelajar. Dari jumlah itu termasuk masih ada pelajar yang masih SMP,” terangnya.

Selain di warung kopi, petugas juga melakukan pemeriksaan dengan sasaran tempat game online dan juga rental PS. Namun, dari tempat rental PS dan game online petugas tidak mendapati pelajar yang sedang bermain.

“Pelajar yang membolos ini semua kita temukan di warung kopi. Mereka yang kedapatan membolos kemudian kita data untuk selanjutnya dilakukan pembinaan oleh dinas,” ungkap Hery Muharwanto.

Para pelajar yang membolos itu kemudian diamankan dan di bawa ke kantor Dinas Pendidikan Cabang Provinsi Jawa Timur wilayah Tuban itu. Sedangkan, untuk yang pelajar SMP kemudian diserahkan kepala pihak sekolah untuk dilakukan pembinaan.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar