Pendidikan & Kesehatan

Bocah SMP Positif Covid, 315 Keluarga Jember Lockdown

petugas memyemprot disinfektan di Jalan Raden Patah, Jember, Kamis (30/4/2020).

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 315 keluarga di Jalan Raden Patah, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur melakukan karantina mandiri alias lockdown selama 14 hari, Kamis (30/4/2020).

Mereka melakukan karantina mandiri setelah salah satu warga yang masih berusia 14 tahun dan duduk di bangku SMP dinyatakan positif Covid-19. “Tidak ada intervensi dari siapapun. Ini kesadaran sendiri,” kata Kepala Kepolisian Sektor Kaliwates Ajun Komisaris Edi Sudarto.

Bocah tersebut adalah putra W, pria warga setempat yang meninggal dan dimakamkan dengan protokol Covid-19 beberapa waktu lalu. Bocah itu masuk dalam kategori orang tanpa gejala.

“Dengan kejadian tersebut, satu lingkungan di Raden Patah sepakat melaksanakan isolasi mandiri tanpa intervensi siapapun. Masyarakat sana sangat sadar dan dewasa,” kata Edi.
Bahkan warga membuat portal agar tak ada yang keluar dan masuk jalan tersebut. Menurut Edi, masyarakat tahu bahwa saat meninggal dunia, W terindikasi Covid-19. “Walau saat itu simpang siur, dari Dinas Kesehatan sendiri mengatakan itu belum positif karena baru rapid test. Swabnya gagal. Ternyata positif,” katanya.

Sebelum meninggal, si anak yang menjaganya karena istri W sendiri sakit liver sehingga tidak bisa merawat. “Sampai meninggal yang menunggui putranya,” kata Edi. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar