Pendidikan & Kesehatan

BIN Jatim Vaksinasi dari Rumah ke Rumah di Trenggalek, Bupati Nur Arifin Merasa Terbantu

Trenggalek (beritajatim.com) – Pemerintah terus berupaya mempercepat program vaksinasi nasional, salah satunya dengan cara mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah. Seperti yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur, vaksinasi door to door diharapkan dapat memudahkan serta meningkatkan partisipasi masyarakat.

Bersama jajaran Forkopimda Trenggalek, Kepala BIN Daerah Jawa Timur turun langsung meninjau vaksinasi door to door di Desa Sengon Kecamatan Bendungan. Sebanyak 2.000 dosis vaksin disiapkan untuk masyarakat di beberapa wilayah di Trenggalek.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan program vaksinasi yang dilaksanakan oleh BIN. Ditambah lagi dengan sistem door to door tentu sangat membantu masyarakat khususnya yang jauh dari fasilitas kesehatan.

“Kita memang ingin mempercepat progres vaksinasi tapi kita sama-sama tahu bahwa stok vaksin semuanya ditata sedemikian rupa oleh pemerintah, dan alhamdulillah Trenggalek cukup cepat sehingga kita kekurangan stok vaksin,” ungkap Bupati Nur Arifin.

“Yang namanya badan intelijen, ya, jadi mungkin tahu di mana ruang-ruang atau daerah-daerah yang saat ini kekurangan stok dan beliau-beliau datang membawa 2.000 dosis, dan ini kita peruntukkan untuk daerah-daerah yang memang keterjangkuan terhadap fasilitas kesehatan seperti puskesmas jauh, sehingga ini mempermudah,” lanjutnya.

Trenggalek sendiri dari target vaksinasi sebanyak 580 ribu, masih tercapai sekitar 10-12 persen. Untuk itu Pemkab Trenggalek berkomitmen untuk terus berupaya mengejar targat vaksinasi.

“Yang penting stok vaksinnya ada, insyaAllah kita semua Forkopimda siap,” tegas Bupati Nur Arifin.

Sementara itu, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar saat menijau vaksinasi dari rumah ke rumah di Desa Sengon mengatakan bahwa langkah tersebut dinilai tepat, apalagi untuk wilayah-wilayah yang jauh dari fasilitas kesehatan.

“Saya pikir ini tepat karena wilayahnya juga cukup jauh dari puskesmas dan medannya juga cukup lumayan ‘bagus’, naik turun gunung, jadi harapannya herd immunity di Desa Sengon ini terjaga,” tuturnya.

“Kita melaksanakan vaksin door to door ini untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi,” pungkas Marsma TNI Rudy Iskandar. [nm/ted].


Apa Reaksi Anda?

Komentar