Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

BIN Jatim Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Jombang

Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 yang digelar oleh BIN Jatim di MI Nidlomiyah, Candimulyo, Jombang, Selasa (28/12/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Sejumlah sekolah tingkat SD/MI di Jombang menjadi sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur (Jatim), Selasa (28/12/2021). BIN menargetkan 700 dosis untuk vaksinasi pertama.

Sejumlah sekolah yang menjadi sasaran adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nidlomiyah, Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang, kemudian Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mojongapit 1 dan MI Al Istiqomah, Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang.

Kepala Sekolah MI Nidlomiyah, Candimulyo Mujiono mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di sekolahnya ini diikuti oleh 410 siswa. Walhasil, pelaksanaan vaksinasi tersebut berjalan lancar. Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun ini dilaksanakan bertujuan agar terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di komunitas anak di Kabupaten Jombang.

“Kami menyambut baik dan antusias pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang menyasar anak-anak atau siswa di sekolah ini. Begitu juga dengan masyarakat. Karena dengan demikian anak-anak bisa segera melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) penuh,” kata Mujiono.

Koordinator Imunisasi Puskesmas Jelakombo, Jombang, Sustianing menjelaskan, vaksin yang digunakan untuk anak usia 6 -11 tahun adalah jenis Sinovac. Sebelum dilakukan vaksinasi atau penyuntikan, terlebih dahulu dilakukan pendaftaran NIK para siswa.

Ketika tidak ada kendala saat pendaftaran, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan kesehatan. “Nah, kalau lolos pemeriksaan kesehatan, maka dilanjutkan dengan penyuntikan. Begitu prosedurnya. Alhamdulillah di MI Nidlomiyah semuanya berjalan lancar,” urainya.

Agustin Pristi Rahayu (32), salah satu wali murid mengatakan, sebelum vaksinasi, dia memberikan persiapan khusus kepada sang buah hati. Semisal sarapan yang cukup, lalu tidur lebih sore dari biasanya. “Anak saya nurut. Dengan vaksinasi ini, semoga anak saya terhindar dari segala penyakit,” kata Agustin. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar