Pendidikan & Kesehatan

BIN Gelar Rapid Test Hingga Swab Massal di Pasar Ini

Sidoarjo (beritajatim.com) – Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan rapid tes dan swab untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pasar Taman, Kamis (4/6/2020). Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jawa Timur Brigjen TNI M. Syafei Kasno mengatakan, kegiatan sosial di Pasar Taman ini bertujuan membantu pemerintah di seluruh Indonesia.

Kegaiatan sama sudah dilakukan di banyak termasuk. Mulai di Jawa Barat, Banten, Jakarta dan lainnya. “Kegiatan ini untuk memutus mata rantai Covid-19,” katanya.

Syafei menyebutkan, dalam setiap kegiatan, pihaknya menyediakan rapid rest, jika ada gejala reaktif akan dilanjutkan test swab. Setiao kegiatan, satu titik ada 1000 tes. “Hingga saat ini, di Jatim sudah dilaksanakan di 12 titik, 10 titik sudah dilakukan di Surabaya dan saat ini di Sidoarjo satu titik,” rinci dia.

Ia menyebutkan, Pasar Taman menjadi sasaran tes untuk memutus mata rantai Covid-19 setelah mendapatkan informasi dari Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Iswan Nusi, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji dan Kajari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono.

Dalam kegiatan ini, seharusnya hanya tinggal hari ini saja, namun kita tunggu perintah dari pimpinan. “Dari 10 orang yang mengawali pemeriksaan tadi, ada 8 yang dinyatakan reaktif,” sebut Syafei.

Berdasarkan data yang ada, di daerah Taman ini untuk penyebaran covid-19 itu sangat besar, sehingga ini sudah menjadi prioritas kita. “Apalagi Kecamatan Taman ini letaknya berbatasan secara langsung dengan Surabaya,” tukasnya.

Soal tindakan, Syafei menjelaskan, jika ada yang reaktif, maka akan dilakukan swab. Apabila kemudian dinyatakan positif, maka akan diisolasi. Jika kondisi sehat (orang tanpa gejala) maka akan dipantau secara berkala hingga hasil swab dinyatakan negatif. Untuk warga yang terkonfirmasi dan kondisinya sakit, maka akan dirujuk ke rumah sakit. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar