Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Biar Tak Ganggu Pelayanan, Nakes RSUD dr. Harjono Dapat Vaksin Moderna Secara Bertahap

Salah satu nakes diukur tensinya sebelum disuntik vaksin moderna.(foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ratusan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dr. Harjono pada hari ini menjalani vaksinasi dosis ketiga. Ya, sangat rentannya nakes terpapar virus asal Wuhan Tiongkok tersebut, Pemerintah membuat kebijakan para nakes disuntik vaksin untuk dosis ketiga. Vaksinasi booster di RSUD dr. Harjono ini menggunakan jenis vaksin Moderna.

“Vaksinasi dosis ketiga ini, RSUD dr. Harjono mendapatkan jatah 700 dosis vaksin,” kata Wakil direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo, Enggar Tri Aji, Sabtu (21/8/2021).

Untuk saat ini, kata Enggar vaksinasi dosis ketiga diprioritaskan untuk nakes dan karyawan yang bersinggungan langsung dengan pasien. Sebab yang bekerja di RSUD ini ada 1000 orang, baik itu nakes maupun karyawan. Dengan jatah vaksin 700 dosis, tentu ada yang diprioritaskan mendapatkannya. “Penerima dosis ketiga ini ya nakes atau karyawan yang kontak langsung dengan pasien,” katanya.

Agar pelayanan kesehatan di rumah sakit tetap berjalan dan tidak terganggu, pihak rumah sakit membuat jadwal 5 shift di setiap harinya. Dimana dilakukan pada hari Sabtu dan Rabu nanti. “Setiap shift untuk 150 nakes atau karyawan,” katanya.

Penjadwalan ini dilakukan juga bertujuan untuk menjaga nakes dalam keadaan sehat saat akan vaksinasi. Enggar berharap, dengan suntikan vaksin Moderna, para nakes terhindar dari virus corona. “Semoga setelah vaksinasi dosis ketiga ini, kami terhindar dari virus corona,” pungkasnya.

Untuk diketahui, vaksin Covid-19 Moderna, sudah tiba di bumi reyog.Ya, vaksin Covid-19 ini rencana akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) di Ponorogo sebagai vaksin dosis ketiga. Tingginya resiko para nakes terpapar oleh virus corona, membuat Pemerintah mengambil kebijakan memberikan perlindungan tambahan dengan suntikan vaksin moderna ini.

“Vaksin moderna ini khusus nakes, baik itu petugas medis, para medis dan petugas penunjang kesehatan,” kata Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo drg. Heni Lastari.

Heni menyebut bahwa vaksin moderna ini sudah tiba di Ponorogo sejak minggu lalu. Dinkes Ponorogo mencatat ada sebanyak 250 vial vaksin moderna yang datang. Dalam 1 vial terdiri dari 14 dosis, sehingga bisa dikatakan 1 vial disuntikan untuk 14 nakes. “Dari 250 vial vaksin moderna, nanti sasarannya bisa untuk 3.500 nakes,” ungkap Heni. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar