Pendidikan & Kesehatan

BI Kucurkan Rp 150 Juta untuk Pengembangan GenBI Jember

Jember (beritajatim.com) – Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jember, Jawa Timur, memberikan bantuan dana pembinaan Rp 150 juta untuk pengembangan Program Beasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) tahun ini. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa Universitas Jember dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Ada 50 mahasiswa Unej dan 50 mahasiswa IAIN yang masing-masing menerima uang pembinaan sebesar Rp 1 juta per bulan selama setahun. Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo mengatakan, kucuran dana itu tidak lepas dari konsistensi para mahasiswa penerima beasiswa dalam mencetak prestasi.

“Terbaru mereka mampu menjadi yang terbaik dalam Leadership Camp GenBI Nasional di Bogor Desember tahun lalu, menyisihkan 95 PTN lainnya yang dibina oleh Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia,” katanya, dalam penandatanganan perjanjian kerjasama antara Hestu Wibowo, Kepala Kantor Perwakilan BI Jember dengan Wakil Rektor I Universitas Jember Zulfikar dan Wakil Rektor III IAIN Jember Sukarno, di gedung serba guna BI Jember, Rabu (20/3/2019).

Program Beasiswa GenBI dirintis sejak 2011. Ini program nasional. GenBI Jember pada 2017 meraih predikat GenBI terbaik tingkat Jawa Timur. Tahun lalu meraih predikat GenBI terbaik tingkat Indonesia. Hestu mengatakan, GenBI Jember menjalankan 220 program tahun lalu, yang meliputi bidang pendidikan, kewirausahaan, kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup. Ada 10 program kerja, mulai dari GenBI Mengajar, GenBI Koin Sosial, GenBI Goes To Village, GenBI Goes to Campus, Kampung Recycle GenBI, dan lima program lainnya.

Hestu berharap mahasiswa yang tergabung dalam GenBI bisa mengembang tiga tugas. “Pertama mengkomunikasikan dan menyosialisasikan kebijakan Bank Indonesia. Kedua, menjadi contoh yang baik bagi sesama mahasiswa, serta menjadi calon pemimpin di masa depan,” katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember.

Hestu mengingatan, alumnus beasiswa GenBI diproyeksikan menjadi kaum muda yang kompeten sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni, kompetitif, kreatif, dan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. BI berencana tahun depan akan mengembangkan pembinaan GenBI untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta. “Namun di tahap awal hanya di wilayah kerja kantor perwakilan BI tertentu saja,” katanya. [wir/kun]

Catatan:
Terkait berita berjudul “BI Kucurkan Rp 150 Juta untuk Pengembangan GenBI Jember” di atas, Redaksi beritajatim.com menerima klarifikasi dan ralat dari pihak Kantor BI Perwakilan Jember. Klarifikasi dikirimkan hari Kamis (21/3/2019) pukul 16.30 WIB. Redaksi meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.

Berikut klarifikasi dan ralat dari pihak Kantor BI Perwakilan Jember:

Saya sedikit ingin meluruskan dan klarifikasi atas pemberitaan tersebut. Bahwa uang pembinaan Rp 150 juta untuk program kerja GenBi 2019 dan bantuan beasiswa Rp 1 juta/ mahasiswa/ bulan adalah dua hal yang berbeda. Uang pembinaan sebesar Rp 150 juta adalah alokasi dana untuk program kerja GENBI Jember 2019 karena tahun 2018 lalu mereka meraih predikat GenBI terbaik 1 nasional, mengalahkan GenBI dari seluruh Indonesia. Itu tidak diberikan secara tunai tapi harus dengan underlying proposal kegiatan.

Sementara untuk program Beasiswa BI, diberikan kepada 100 mahasiswa Unej dan IAIN Jember terpilih dengan jumlah Rp 1 juta/ mahasiswa/ bulan selama 1 tahun. Terima kasih.

(Pimpinan Kantor BI Perwakilan Jember Hestu Wibowo)

Apa Reaksi Anda?

Komentar