Pendidikan & Kesehatan

Besok Sebanyak 5.903 Vaksin Sinovac Datang ke Gresik

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 5.903 tahap awal vaksin sinovac dipastikan datang di Gresik besok (13/1). Semula Dinas Kesehatan (Dinkes) menjadwalkan vaksin tersebut datang hari ini. Namun karena masih ada breafing terkait dengan pengiriman vaksin dari Pemprov Jatim ke Gresik, rencananya vaksin sinovac itu datang besok.

Hingga saat ini, Dinkes Gresik masih mengikuti arahan dari Polda Jatim terkait proses distribusi. Proses distribusi ke Surabaya raya termasuk Gresik masih dibahas teknis pelaksanannya. Sebab, distribusi itu harus mendapat pengawalan ketat. Termasuk posko vaksinasi yang akan dijaga oleh aparat kepolisian.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg Syaifuddin Ghozali menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan untuk menyambut kedatangan vaksin sinovac. Namun, sama Pemprov Jatim diundur supaya teknis pengiriman lebih matang.

“Besok dipastikan datang di Gresik. Soal kedatangannya jam berapa kami belum tahu,” tuturnya, Selasa (12/01/2021).

Vaksin sinovac itu kata dia, akan disimpan di Gedung Farmasi Kesehatan (GFK) di Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik untuk sementara waktu. Langkah ini diambil karena tempat tersebut masih minim sambil menunggu alat refrigerator bantuan dari Kemenkes.

“Nantinya lemari penyimpanan berukusan 3×4 meter itu diletakan di Puskesmas Alun-alun Kota Gresik. Plus ada posko vaksinasi,” ujarnya.

Seperti diberitakan, secara simbolis Presiden Joko Widodo melakukan vaksinasi untuk pertama kali secara nasional. Selanjutnya, 14-15 Januari 2021 dilanjutkan simbolis provinsi maupun kabupaten/kota. Untuk Kabupaten Gresik belum tahu apakah vaksinasi simbolis yang dilakukan Forkopimda itu dilakukan 14 Januari atau 15 Januari 2021.

“Mengenai vaksinasi secara simbolis forkopimda. Kami masih berkoordinasi dengan Pemprov Jatim. Sebab rencananya, vaksinasi di Gresik akan dibarengkan dengan Pemprov Jatim,” tandas Ghozali. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar