Pendidikan & Kesehatan

Bertugas di Bagian Pelayanan, Nakes Rentan Terpapar Covid-19

Kabid P2P Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra.

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada sebanyak 93 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Mojokerto terpapar Covid-19 selama pandemi. Tingginya kasus Covid-19 yang menyerang nakes di Kabupaten Mojokerto disebabkan rata-rata mereka bertugas di bagian pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) dan tertular dari keluarga.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra mengatakan, para nakes rentan terlibat tatap muka atau kontak erat dengan masyarakat umum dan pasien karena bertugas di bagian pelayanan. Di samping itu, nakes juga tertular dari keluarga pasien.

“Jadi saat ada salah satu keluarga nakes yang positif, otomatis kita lakukan tracing ke nakes di puskesmas. Ternyata, hasil uji swab nakes itu juga positif. Meski banyak nakes yang terpapar, operasional pelayanan puskesmas tak berhenti. Tetap buka tapi pelayanan dibatasi,” ungkapnya, Jumat (9/10/2020).

Puskesmas yang terkonfirmasi, masih kata dr Langit, bisa dibantu puskesmas tetangga. Pelayanan masyarakat yang membutuhkan penanganan kesehatan tetap menjadi prioritas. Meski penanganannya dialihkan ke faskes terdekat untuk sementara. Seperti bagi pasien rawat inap dan persalinan dialihkan ke puskemas terdekat.

“Sistemnya memang saling keterkaitan dan menopang. Karena prinsipnya kita sama-sama bekerja untuk masyarakat. Jangan sampai gara-gara ada nakes terpapar Covid-19, pelayanan berhenti total. Tidak begitu. Karena nakes yang swab-nya negatif jauh lebih banyak,” tegasnya. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar