Pendidikan & Kesehatan

Bersama DJP, UKWMS Resmikan Tax Center

Surabaya (beritajatim.com) – Bila sebelumnya sudah ada 11 Tax Center (Pusat Pajak) di beberapa perguruan tinggi di bawah naungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), kini jumlahnya bertambah.

Tepat pada Rabu (13/2/2019), DJP melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Tax Center atas 4 institusi, yaitu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya (Perbanas), Politeknik NSC Surabaya, dan Universitas 45 Surabaya.

Acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama berlangsung di Auditorium Gedung Agustinus 201 UKWMS Kampus Dinoyo. Hadir langsung Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I Ir. Eka Sila Kusna Jaya, M.Si., Ketua Forum Tax Center Drs. Norbertus Purnomolastu, M.M., Ak., dan turut hadir Direktur Politeknik NSC Surabaya Rudianto, S.T., M.Cs.; Ketua STIE Perbanas Surabaya Dr. Yudi Sutarso, Se., M.Si dan Dekan FE Universitas 45 Surabaya Drs. Ec. Iskandar Effendy, Ak., M.Si., CA.

Sebelum dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama, Eka Sila terlebih dahulu menyampaikan kuliah umum mengenai Perkembangan Perpajakan di Indonesia. “Tax Center adalah pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan yang mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban perpajakannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian bangsa,” ujar Eka Sila mengawali.

Melalui kuliah umum tersebut, Eka Sila mengajak civitas akademika bersama-sama mewujudkan masa depan Indonesia yang gemilang dengan budaya sadar pajak. “Hal ini mengingat, Dalam lima tahun terakhir target pajak tidak tercapai, salah satunya karena rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP) dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya,” jelas Eka Sila.

Usai kuliah umum, acara berlanjut dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Eka Sila didampingi Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jatim 1 Heru Budhi Kusumo serta perwakilan masing-masing institusi. Agar semakin akrab, empat Tax Center yang telah resmi diterima oleh DJP diperkenalkan oleh Norbertus kepada 11 tax center yang telah ada selama ini.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian Tax Center UKWMS di Gedung Benedictus Lantai 3 Kampus UKWMS Dinoyo. Pemotongan pita dilaksanakan oleh Eka Sila Kusna Jaya, Drs. Djoko Wirjawan, Ph.D., didampingi Heru Budhi Kusumo serta Dr. Lodovicus Lasdi, MM selaku Dekan Fakultas Bisnis UKWMS.

“Harapan kami Tax Center UKWMS bisa semakin aktif dalam forum tax center dan semakin banyak kerja sama dengan DJP untuk meningkatkan kesadaran pajak di masyarakat. Selain itu kami berharap Prodi Akuntansi S1 UKWMS semakin dikenal masyarakat melalui tax centernya. Mahasiswa juga bisa semakin baik dalam bidang pajak dan meraih banyak prestasi nasional,” harap Lodo terkait adanya Tax Center di UKWMS. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar