Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Berburu Darah di Kawasan Perkebunan Jember

Palang Merah Indonesia (PMI) berburu kantong darah hingga kawasan perkebunan Renteng, Desa Mangaran, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021).

Jember (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) berburu kantong darah hingga kawasan perkebunan Renteng, Desa Mangaran, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021).

Kebun Renteng masuk wilayah PT Perkebunan Nusantara XII. Dari sana, PMI berhasil menghimpun 75 kantong darah dari pimpinan, pegawaim dan buruh PTPN XII. Manajer PTPN XII Kebun Renteng Danang Joko Prasetyo mengatakan, target yang hendak dicapai adalah 80 kantong.

“Tapi banyak juga yang tidak lolos screening untuk donor darah,” katanya, sebnagaimana dilansir Humas PMI Jember.

Rencananya, rencananya kegiatan donor darah akan menjadi kegiatan rutin bagi PTPN XII Kebun Renteng. Hal ini membuat Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki gembira. “Bagi sebagian orang mungkin tidak penting tetapi donor darah ini sangat penting bagi pasien yang membutuhkan darah, setetes darah bisa menyelamatkan pasien yang membutuhkan,” katanya.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember Zullikar Tanjung mengajak masyarakat aktif ikut donor darah di Markas PMI Kabupaten Jember, Jalan Jawa nomor 57. Menurutnya, masyarakat tak perlu takut, karena pendonor malah akan lebih sehat karena darah yang diambil dalam proses donor darah akan diganti dengan darah yang baru.

“Perlu sosialisasi apa yang jadi manfaat donor darah, pertama ketika donor kita membantu saudara kita yang membutuhan darah,” kata Zullikar yang setidaknya enam bulan sekali melakukan donor darah. Pendonor saat ini boleh mendonorkan darah dalam rentang waktu paling cepat sekitar dua bulan sekali. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan