Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Benda Purbakala Tersimpan Aman di Balai Penyelamatan Ponorogo

Ratusan benda purbakala di balai penyelamatan benda cagar budaya.(Foto/Dok.Beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Beberapa waktu lalu, di Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Ponorogo ditemukan beberapa benda purbakala tinggalan masa lalu. Benda-benda itu saat ini masih tersebar di beberapa tempat. Ada yang berada di halaman, belakang dan kebun warga setempat. Supaya nilai historis benda purbakala tersebut masih terjaga, perlu dilakukan penyelamatan dan tempat penyimpanan yang representatif. Supaya benda-benda yang kaya akan syarat budaya masa lalu itu tidak rusak.

Di Ponorogo sudah ada tempat untuk menyimpan barang-barang purbakala tersebut, yakni di balai penyelamatan benda cagar budaya. Balai tersebut merupakan bagian dari Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Kabupaten Ponorogo. Di mana letaknya saat ini berada di komplek kantor kelurahan Kertosari, jalan Ukel nomor 20 Ponorogo.

“Balai penyelamatan benda cagar budaya itu dikatakan sebagai museum ya belum bisa. Kalau untuk sekarang ya bisa dikatakan masih layaklah untuk menyimpan benda-benda sejarah di masa lalu,” kata Kepala Disbudparpora Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, Senin (14/3/2022).

Judha menyebut sudah ada ratusan benda purbakala yang tersimpan di balai penyelamatan benda cagar budaya. Jika dilihat dari banyaknya penemuan, benda-benda purbakala itu kaya akan nilai sejarah dan menceritakan Ponorogo di tempo dulu.

“Wilayah Ponorogo luas, masih ada potensi penemuan lagi. Di era prasejarah pun ada di Ponorogo, yakni di goa Lowo di Kecamatan Sampung,” katanya.

Benda-benda peninggalan itu sebagai bukti empiris sejarah, sehingga sudah selayaknya disimpan di balai penyelamatan. Seiring dengan keinginan Bupati Ponorogo Kang Bupati Sugiri Sancoko yang akan membuat monumen reyog, dimana dibawahnya bakal ada museum peradaban. Museum itu nantinya akan menyimpan informasi benda-benda bersejarah di bumi reyog.

“Nantinya benda-benda purbakala itu bakal dipindahkan ke museum peradaban yang bakal satu komplek dengan museum Reyog,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar