Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Belum Ditemukan Sapi Terjangkit PMK di Sampang

Petugas mengecek kondisi sapi di Sampang Madura

Sampang (beritajatim.com) – Hingga saat ini belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Sampang. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) membatasi hewan ternak yang masuk wilayahnya.

Pasalnya, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sedang mewabah dan menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing dan kuda. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disperta KP Sampang, Hendra Gunawan mengatakan, tingkat penularan virus PMK sangat tinggi hingga 100 persen.

“Bisanya, hewan ternak yang terkena virus akan mengalami demam tinggi, keluar lender di mulut, lidah menjular, lepuh di hidung, nafsu makan berkurang, bernafas cepat, kaki pincang dan mengalami luka pada pada celah kuku,” jelasnya, Sabtu (14/5/2022).

Terpisah, Kasi Humas Polres setempat, Ipda Dody Darmawan bersedia membantu dinas terkait untuk mencegah penyakit PMK. Bahkan dirinya telah berkoordinasi dengan jajaran Kapolsek untuk terjun kelapangan melakukan pengecekan.

“Dari pengecekan yang dilakukan bersama tim kesehatan di pasar hewan hingga kini belum ditemukan adanya penyakit PMK pada hewan ternak,” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar