Pendidikan & Kesehatan

Begini Protokol Pencegahan Covid dari LTMPT yang Dipakai Unair

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai salah satu penyelenggara pelaksaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk ke jenjang Perguruan Tinggi, Universitas Airlangga (Unair) tetap berpegang pada protab atau protokol pencegahan Covid-19 yang direkomendasikan oleh LTMPT.

Yakni berupa Penggunaan APD lengkap bagi para pengawas dan peserta UTBK. Pengaturan sirkulasi udara, sterilisasi di jeda antar sesi, penerapan physical distancing, penggunaan ruang transit sebelum peserta masuk ke ruang ujian agar tidak berbondong bondong masuk ruang ujian, pada tiap pergantian sesi, ruangan dan komputer disemprot disinfekstan.

Sebelumnya bagi peserta yang masuk lokasi tes, diuji suhu badan, wajib menggunakan masker medis, dan cuci tangan pada wastafel yang sudah disediakan, lalu sebelum masuk ke ruang ujian diberi sarung tangan untuk mengerjakan UTBK.

Chrismawan Ardianto, Tim Pelaksana UTBK Unair mengatakan bahwa seluruh proses persiapan telah selesai dilakukan. Unair pun tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 seperti yang sudah ditetapkan dalam rekomendasi LTMPT.

Unair pun dengan tegas menegakkan protokol pencegahan Covid-19, dalam satu hari Unair terdapat 2 gelombang tes, yakni pagi dan sore, dengan kapasitas masing masing sebanyak 1.175 peserta.

Jarak tempat duduk pun diperhatikan dengan benar, yakni berjarak minimal 1.5 m. Ruang tes pun sebenarnya memiliki 120 unit komputer per ruangan, tetapi hanya digunakan sebanyak 80 komputer.

“Persiapan sudah hampir 100 persen dilakukan, tinggal pemasangan wastafel di beberapa titik. Semua protab kami sesuaikan dengan rekomendasi dari LTMPT,” ujar Chrismawan.

Terkait kebijakan pemerintah kota yang mewajibkan disertakan nya hasil uji swab negatif ataupun rapid non reaktif, pihak Unair mengatakan bahwa pada dasarnya, itu bukan peraturan dari Unair.

“Saya tegaskan bukan peraturan yang dibuat oleh Unair, tapi itu peraturan dari Pemkot. Tapi kami sebagai penyelenggara memang berkewajiban melapor pada pemerintah kota dan gugus tugas. Tapi kami sebenarnya sudah menegakkan protokol pencegahan Covid-19 sebagai mana rekomendasi dari LTMPT,” ujarnya Ahmad Solihin, Ketua PPMB Unair. [adg/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar