Pendidikan & Kesehatan

Begini Kebijakan Perkuliahan Unair Terkait Merebaknya Virus Corona

Rektor Unair Prof Muh Nasih

Surabaya (beritajatim.com) – Merebaknya virus corona membuat beberapa perguruan tinggi mengambil langkah serius, seperti meliburkan kampusnya. Terkait hal itu, Universitas Airlangga (Unair) juga mengambil langkah antisipasi yakni lebih banyak menerapkan sistem pembelajaran daring.

Rektor Unair Prof Muh Nasih mengatakan bahwa Unair akan menerapkan ujian tengah semester (UTS) dengan menggunakan metode secara online sebagai antisipasi penyebaran Covid 19. UTS rencananya digelar mulai 16-30 Maret 2020.

“Karena minggu depan UTS, maka akan kita selenggarakan semaksimal mungkin menggunakan (metode) daring,” ujar Prof Nasih saat ditemui di Gedung Institute of Tropical Disease Center (ITD) Unair, Sabtu (14/3/2020).

Tak hanya itu, ia masih akan melihat perkembangan situasi terkait penyebaran virus corona untuk menetapkan apakah pembelajaran setelah UTS akan tetap secara online atau tidak.

Nasih menekankan langkah antisipasi, karena baginya, meliburkan mahasiswa bukan juga langkah yang tepat untuk mengurangi kerentanan penyebaran virus corona. Pasalnya, kegiatan mereka tidak terkontrol dan dengan bebas melakukan apapun.

Ia mencontohkan, jika diliburkan akan ada aktivitas lain yang dilakukan yang mengancam keselamatan seperti nongkrong kemudian melakukan kontak, atau mereka sampai guling-guling di tempat yang baru saja ditempati oleh orang yang mungkin terindikasi terkena virus corona.

Ia menegaskan bahwa Unair tidak meliburkan tetapi juga tidak melarang jika mahasiswanya membutuhkan istirahat di rumah. Prof Nasih menghimbau agar keadaan ini tidak menjadi kepanikan.

“Aktivitas kampus menunggu situasinya. Bagi kawan yang butuh istirahat ya istirahat jangan dipaksakan gak usah ke kampus. Presensi kita akan anggap masuk yang kita lakukan supaya semua dalam keadaan bugar,” paparnya.

Selain itu, Unair juga membatalkan kegiatan seperti conferensi internasional yang mengundang pembicara dari luar negeri, kemudian kunjungan ke sekolah-sekolah dan seminar dalam negeri. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar