Pendidikan & Kesehatan

Begini Cara Mengetahui Zona SMP Terdekat PPDB Surabaya 2021

Surabaya (beritajatim.com) – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP sedang berlangsung tahap validasi data. Tahap validasi data ini merupakan proses pengecekan kebenaran data Calon Peserta Didik Baru (CPDB).

Validasi data berisikan penitikan alamat lokasi rumah sesuai Kartu Keluarga (KK) yang diakses secara online melalui laman www.ppdb.surabaya.go.id. Dari penentuan titik rumah ini, CPDB mendapat 5 rekomendasi sekolah terdekat yang dapat dipilih sebanyak 2 sekolah oleh CPDB. Tahap validasi ini pun ditutup pada 2 Juni mendatang.

Tri Aji, PLT Kabid Sekolah Menengah Dispendik Kota Surabaya mengatakan bahwa dengan sistem penentuan titik seperti itu, CPDB tidak perlu lagi bingung menentukan jarak rumah ke sekolah karena sudah mendapatkan 5 rekomendasi sekolah terdekat.

“Sistem akan menentukan 5 rekomendasi sekolah. Pilihan kembali diserahkan kepada CPDB. Bagi CPDB yang kesulitan bisa menghubungi help desk atau ke sekolah-sekolah terdekat, karena sistem ini sudah disosialisasikan ke sekolah-sekolah,” terang Tri Aji, Senin (31/5/2021).

Validasi data ini wajib bagi CPDB yang akan mendaftar jalur zonasi, jalur afirmasi kategori mitra warga, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi. Validasi data dikecualikan bagi pendaftar jalur afirmasi kategori inklusi.

Bagi CPDB yang belum melakukan validasi data, langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah pertama, CPDB membuka laman ppdb.surabaya.go.id melalui komputer atau ponsel dan diutamakan perangkat yang digunakan memiliki kamera depan. Kedua, CPDB memilih menu validasi data, di mana di dalam validasi data itu berisikan beberapa pilihan, kemudian pilih yang sesuai dengan kondisi CPDB. Ketiga, pilih menu mulai validasi.

Selanjutnya, CPDB diarahkan untuk mengisi NIK dan tanggal lahir. Setelah masuk, muncul beberapa tahapan yang harus dilalui untuk verifikasi. Jika sesuai, klik lanjutkan sampai finalisasi data.

“Terakhir, data-data CPDB yang sudah diisi tadi akan dicek tim validator. Jika sesuai, maka PIN untuk pendaftaran PPDB SMP Negeri di Kota Surabaya akan dikirim ke alamat email yang sudah dientrikan saat validasi. Simpanlah PIN itu untuk melakukan pendaftaran, jangan sampai hilang,” tambahnya. (adg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar