Pendidikan & Kesehatan

Bayi Pasien Covid-19 RSSA yang Kabur kini Meninggal Dunia

Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Salah satu bayi kembar pasien Covid-19 Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) yang kabur beberapa hari lalu meninggal dunia. Dua bayi kembar ini lahir secara prematur berjenis kelamin perempuan.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu’arif mengatakan, satu bayi meninggal dunia sementara satunya masih dalam perawatan di RSSA. Untuk penyebab kematian bayi, Husnul mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Bayi prematur itu kan belum cukup bulan. Sehingga fungsi organ pernafasan, seperti paru-paru kemudian jantung belum normal,” ujar Husnul, Senin (20/7/2020).

Husnul mengungkapkan, untuk potensi tertular Covid-19 dari ibu dia menyebut bahwa untuk bayi yang meninggal dunia dinyatakan negatif sesuai test swab. Sementara satu bayi lainnya hasil test swab belum keluar.

“Kalau bayi yang meninggal hasil Tes Cepat Molekuler keluar dan negatif. Kalau bayi satunya belum ada informasi,” ucap Husnul.

Husnul mengatakan, dua bayi kembar ini dilahirkan dengan cara caesar. Cara ini dianggap untuk meminimalisir penularan Covid-19. Langkah lainnya agar bayi tidak tertular Covid-19 adalah pasca dilahirkan langsung dipisahkan dari ibu dengan ditempatkan di inkubator.

“Kalau ibu dengan konfirm positif hamil. Ketika melahirkan dianjurkan dengan tindakan operasi caesar. Dengan operasi caesar ini meminimalisir adanya penularan Covid-19. Kalau kondisi ibu, secara umum sehat. Tapi masih post partum habis melahirkan caesar,” tandasnya. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar