Pendidikan & Kesehatan

Update Sebaran Covid-19 Pamekasan

Bayi Berusia 29 Hari Tambah Pasien Positif di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Satu dari enam pasien baru yang dinyatakan positif terinfeksi wabah virus corona di Kabupaten Pamekasan, merupakan bayi yang baru berusia 29 hari dan disinyalir tertular dari salah satu keluarga yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu berdasar update peta sebaran wabah virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, Selasa (9/6/2020). Di mana tambahan enam pasien baru tersebut sekaligus menjadikan pasien positif Covid-19 di Pamekasan menjadi sebanyak 51 orang.

“Adanya data tambahan ini sekaligus menambah daftar kasus pasien positif baru di Pamekasan, semula berjumlah sebanyak 45 orang naik menjadi sebanyak 51 orang. Dan satu di antaranya merupakan seorang bayi perempuan,” kata Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr Syaiful Hidayat.

Lebih lanjut diungkapkan jika keenam pasien positif baru tersebut sebelumnya terdata dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). “Awalnya keenam pasien (positif) baru ini dikatagorikan sebagai PDP, namun saat dilakukan swab hasilnya dinyatakan positif terjangkit virus corona,” ungkapnya.

“Saat ini keenam pasien positif baru semuanya dirawat di RSUD Smart Pamekasan, termasuk pasien bayi yang ditempatkan di ruang isolasi bayi di RSUD Pamekasan,” sambung pria yang akrab disapa Dokter Syaiful.

Statistik sebaran Coli-19 Pamekasan. [Gambar: Tim Satgas Covid-19 Pamekasan]
Berdasar update peta sebaran Covid-19 Pamekasan, total pasien positif terinfeksi Covid-19 terdata sebanyak 51 orang. Meliputi sebanyak 32 orang yang tengah menjalani perawatan intensif, sebanyak 9 orang sembuh dan 10 orang lainnya meninggal dunia.

Sementara untuk status PDP terdata sebanyak 70 orang, meliputi sebanyak 44 orang tengah dalam pengawasan, sebanyak 14 orang dinyatakan selesai, serta sebanyak 12 orang lainnya meninggal dunia. Sedangkan status ODP terdata sebanyak 485 orang, meliputi sebanyak 468 dinyatakan selesai dipantau dan sebanyak 17 orang lainnya tengah dalam pantauan.

Untuk status zona penyebaran Covid-19 Pamekasan, tercatat hanya satu kecamatan yang terdata sebagai zona hijau, yakni kecamatan Pasean. Sementara zona orange terdapat di dua kecamatan berbeda, yakni kecamatan Batumarmar dan Kadur. Sementara 10 kecamatan lainnya tercatat sebagai zona merah. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar