Pendidikan & Kesehatan

Banyuwangi Siapkan Ratusan Vaksinator

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono juga terus menyiapkan sarana prasarana guna mendukung proses vaksinasi. Di antaranya menyiapkan faskes vaksinasi, tenaga Kesehatan atau vaksinator hingga perlengkapan penunjangnya.

“Untuk layanan vaksinasi, Banyuwangi menyiapkan 45 puskesmas se kabupaten, enam rumah sakit rujukan Covid, dan tambahan rumah sakit swasta lainnya. Yang terus dipersiapkan oleh faskes di antaranya ruangan yang memadai, APD dan bahan medis habis pakai seperti spet, kapas dan alkohol,” ungkap Rio, Rabu (6/1/2021).

Sebelumnya, kata Rio, Banyuwangi juga telah melakukan simulasi vaksinasi. Sejumlah vaksinator juga telah mengikuti simulasi ini. “Juga sudah dilakukan simulasi pelaksanaan vaksinasi di faskes,” imbuh Rio.

Sedangkan untuk untuk vaksinator, saat ini Banyuwangi sudah menyiapkan ratusan nakes sebagai petugas vaksinasi. “Kabar terbaru kami diminta untuk menambah jumlah vaksinator sebanyak tiga orang dari tiap puskesmas sehingga nantinya akan ada 225 vaksinator. Masih ada lagi tambahan tenaga vaksinator dari dinas Kesehatan dan RS,” ujar Rio.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar mengatakan jika daerah akan menyiapkan yang terbaik untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid 19.

“Saya kira, semua puskesmas sudah menyiapkan ini dengan baik. Terima kasih para tenaga kesehatan. Alur pelaksanaan, hingga alat-alat penyimpan juga sudah tersedia. Jadi, sewaktu-waktu instruksi pelaksanaan vaksin dari pusat turun, kita sudah siap semua,” kata Anas.

Anas juga berharap agar proses pelaksanaan vaksinasi akan berjalan lancar dan vaksinasi itu sendiri akan memberikan hasil sesuai harapan.

“Semoga lewat program ini tenaga kesehatan yang selma ini menjadi benteng pertahanan melawan covid bisa lebih terlindungi. Kita semua berdoa agar vaksinasi ini akan sukses sebagai haparan kita semua,” pungkasnya. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar