Pendidikan & Kesehatan

Banyak Akun Belum Permanen, LTMPT Perpanjang Penutupan Laman

Ketua LTMPT 2020 Prof. Moh. Nasih

Surabaya (beritajatim.com) – Pendaftaran Mahasiswa Baru telah memasuki tahap awal dengan pendaftaran akun sekolah dan siswa di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara daring.

Pendaftaran akun pun diperuntukkan memasukan data base sekolah dan siswa agar terkoneksi langsung dengan data yang digunakan SNMPT, UTBK dan SBMPTN. Hari ini pun, Selasa (7/1/2020) harusnya menjadi hari terakhir pendaftaran dan laman pun ditutup pada pukul 17.00 hari ini.

Namun, Wakil Ketua LTMPT 2020 Prof. Moh. Nasih mengatakan bahwa masih banyak sekolah yang belum melakukan finalisasi atau permanenisasi akun. Prof Nasih mengatakan bahwa pada hari ini (7/1//2020) pukul 17.25 masih ada banyak sekolah yang belum melakukan finalisasi.

“Ternyata, per selasa 7 Januari pukul 17.25, masih ada banyak sekolah yang belum permanenisasi. Dari data yang ada terdapat 22.294 sekolah yang sudah mendaftar akun, sedangkan akun sekolah aktif 21.296, dansekolah yang sudah permanen data masih 11.816,” ujar Prof Nasih yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Airlangga (Unair), saat konferensi Pers di Rektorat, Selasa (7/1/2020).

Prof Nasih pun mengatakan bahwa pendaftaran LTMPT yang dibuka sejak 2 Desember 2019 lalu, sebenarnya terpantau cukup normal dan cukup signifikan.

“Kita katakan normal karena ternyata dari sekian puluh ribu sekolah, yang sudah mendaftar teridentifikasi cukup besar. Selain itu dalam waktu 30 hari lebih pertama juga terpantau tidak ada halangan. Hanya saja dalam 2 hari ini server terpantau padat dan terjadi penumpukan data,” ujar Prof Nasih.

Ia pun mengakui bahwa dalam 2 hari terakhir ini, 11 server yang dimiliki LTMPT terpantau penuh dan menyebabkan akses lambat dan down.

“Kita pantau dari belasan server yang kita punya penuh dengan data yang sedang di proses. Kita terus berusaha melancarkan jalannya data ini semoga bisa teratasi,” tukasnya.

Oleh karenanya, Pihak LTMPT sepakat untuk memperpanjang penutupan lamat LTMPT selama 2 hari kedepan, yakni hingga Kamis 9 Januari 2020 pukul 17.00.

“Perpanjangana ini bukan untuk pendaftaran baru. Tapi bagi meraka yang sudah melakukan pendaftaran dengan akun aktif untuk melanjutkan proses permanenisasi. Kami harap sekolah dan siswa mampu memanfaatkan kesempatan emas ini. Karena tidak melakukan permanenisasi yang rugi siswa dan sekolah,” tegas Prof Nasih.

Saat ini pun dari data yang dipaparkan oleh Prof Nasih terpantau, siswa yang telah daftar akun sebanyak 1.271.753. Siswa dengan akun aktif sebanyak 1.203.906. Dan yang telah melakukan permanenisasi sebanyak 901.275.

Jumlah ini pun menunjukkan nilai hampir melebihi 2 kali lipat yang mendaftar SNMPTN tahun lalu.

“Kami sangat berterima kasih, bagi kawan kawan yang sudah mendaftar akun dan permanensiasi akun jauh jauh hari. Bagi yang belum diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan emas ini,” pungkasnya. [adg/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar