Pendidikan & Kesehatan

Bantuan Bosda SD dan SMP Swasta di Kabupaten Gresik Cair

Gresik (beritajatim.com)- Bantuan operasional sekolah SD hingga SMP di Kabupaten Gresik cair setelah menunggu selama 10 bulan.

Pencairan dana Bosda itu dipastikan cair setelah surat keputusan (sk) bupati turun. Dana hibah tersebut, siap diitransfer ke masing-masing sekolah swasta.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Mahin membenarkan hal itu. Pihaknya sudah selesai menyelesaikan prosesnya.

“Saat ini, uang itu sedang diproses di BPPKAD Pemkab Gresik. Tinggal pencairan saja. Itu nanti langsung ke rekening masing-masing sekolah,” ujarnya, Rabu (16/10/2019).

Kendati sudah cair, Dispendik Gresik bakal terus mengawal. Sebab, masih ada sejumlah sekolah yang dipastikan terlambat pencairannya. Hal itu dikarenakan sekolah yang bersangkutan belum mengirimkan surat pertanggung jawaban (spj) ke Dispendik.

“Kalau bicara yang belum menerima pasti ada. Terkait spj tahun lalu. Namun, untuk jumlah pastinya, saya belum menerima laporan,” paparnya.

Saat ditanya molornya pencairan bosda hingga bulan 10 ini. Dijelaskan Mahin, pihaknya ragu ada aturan yang dilanggar. Sebab, sesuai Permendagri nomor 33 tahun 2019 sekolah swasta tidak bisa menerima dana hibah secara terus menerus.

“Kali ini kami cairkan dengan persyaratan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, dana bosda sekolah swasta itu mencapai Rp 93,5 miliar. Jumlah itu untuk memenuhi 13.771 siswa SD swasta, 53.318 siswa MI, 13.158 siswa SMP swasta, dan 25.262 siswa MTs. Untuk nominalnya, siswa SD sederajat menerima Rp 15 ribu, dan SMP sederajat Rp 32 ribu. [dny/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar