Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Bantu Pemerintah Kejar Herd Immunity, PCNU Kabupaten Mojokerto Vaksinasi untuk Warga Nahdiyin

Mojokerto (Beritajatim.com) – Dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto mengejar herda immunity, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto mendistribusikan vaksin untuk warga Nahdiyin. Pendistribusian vaksinasi tersebut bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah.

Ketua Tanfidziyyah PCNU Kabupaten Mojokerto, KH Adzim Alawy mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut merupakan terobosan baru dalam rangka meningkatkan herd immunity dan kesehatan masyarakat, terutama bagi warga Nahdiyin. “Kami ingin membantu pemerintah dalam hal ini Pemkab Mojokerto untuk mengejar herd immunity,” ungkapnya, Sabtu (21/8/2021).

Masih kata KH Adzim, PCNU Kabupaten Mojokerto melalui Lembaga Kesehatan Nadlatul Ulama (LKNU) berkolaborasi dengan Asosiasi Rumah Sakit Nahdatul Ulama (ARSINU) Kabupaten Mojokerto menggelar Vaksinasi untuk warga Nahdiyin. Harapannya masyarakat terlindungi dari virus Covid-19.

“Insya Allah, kita bersinergi, bersama-sama untuk memperkuat dan mensehatkan masyarakat, terutama kalangan warga Nahdliyyin. Dengan ini (vaksin) warga kita akan terlindungi dan ini merupakan cara yang kita tempuh untuk melawan dan terbebas dari virus Covid-19. Rencananya, kita juga akan ada vaksin untuk pesantren,” katanya.

Dengan menggandeng Lembaga Robithoh Ma’had Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Kabupaten Mojokerto, lanjut KH Adzim, PCNU Kabupaten Mojokerto akan melakukan distribusi dosis vaksin ke sejumlah pesantren di Kabupaten Mojokerto. Santri-santri yang ada di pondok pesantren akan dilakukan pendataan untuk diberikan vaksinasi.


“Kita akan mendata santri-santri yang ada di pondok pesantren, saya hubungi RMI yang memiliki data-data pondok pesantren se-Kabupaten Mojokerto dan sambil kita data berapa santri yang akan diajukan. Selain itu pengurus NU yang belum vaksin di rating atau anak ranting bisa disisipkan di kegiatan vaksin pondok pesantren,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSI Sakinah, Akhmad Lathifi menambahkan, RSi Sakinah mendukung PCNU Kabupaten Mojokerto untuk membantu pemerintah mengejar herd immunity. Rumah sakit yang terletak di Jalan RA Basoeni Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto ini, telah mempersiapkan dosis vaksin untuk para santri.

“Sudah kita siapkan tim rumah sakit dan alokasi dosis vaksin untuk ribuan santri, Insya Allah hari Selasa atau Rabu besok bisa kita laksanakan. Memang tidak mudah dalam pengaturan vaksinasi tetapi distribusi semuanya akan kita perhatikan. Kita akan mengandalkan jaringan kita,” tuturnya.

Masih kata Ketua Arsinu Kabupaten Mojokerto ini, ada ribuan santri di Kabupaten Mojokerto. Menurutnya, tentunya tidak bisa ter-cover semuanya secara langsung, sehingga vaksinasi di pondok pesantren untuk santri tersebut akan dilakukan secara bertahap. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar